Alasan Banyak Karyawan Bagus Keluar dari Pekerjaannya, Nomor 3 Bikin Kaget!

By nova.id, Rabu, 17 Mei 2017 | 02:15 WIB
Muak Dengan Pekerjaan 1 (nova.id)

"Jika Anda ingin orang terbaik untuk tinggal di perusahaan, Anda harus berpikir hati-hati tentang bagaimana Anda memperlakukan mereka," ujar Travis Bradberry penulis tema-tema emotional intelligence.

Karyawan-karyawan terbaik bisa saja adalah pribadi-pribadi yang tangguh. Namun bakat dan kinerja mereka membuat mereka punya banyak pilihan tempat bekerja.

Barangkali Anda sebagai atasan, atau rekan kerja terheran-heran mengapa orang-orang bagus dan terbaik di kantor justru memilih keluar dari tempat kerja yang sudah memberi mereka rasa nyaman? Ternyata alasannya sungguh mengejutkan!

Simak 8 alasan berikut yang membuat para karyawan bagus tersebut rela meninggalkan perusahaan tanpa perlu berpikir panjang:

1. Kerja bagus atau jelek hasilnya dianggap sama

Perlakuan yang egaliter mungkin efektif pada beberapa masalah. Namun untuk dunia kerja, itu memperlihatkan bagaimana kapasitas perusahaan anda.

Memperlakukan semua karyawan baik yang punya kinerja kinclong dengan yang kerja asal-asalan akan dianggap jelek oleh para karyawan terbaik. Mereka akan berpikir, kerja bagus atau jelek toh hasilnya sama.

Baca: Benarkah Bos Wanita Lebih Menyebalkan?

2. Aturan asal-asalan

Menurut Bradberry, perusahaan tentu saja mempunyai sederet aturan. Namun bukan berarti mereka bebas membuat aturan asal-asalan tanpa berpikir panjang.

Aturan yang seperti dibuat orang malas berpikir demi membuat ketertiban di perusahaan. Karyawan hebat akan melihat fenomena ini sambil mencari-cari peluang di tempat lain sebelum memutuskan pergi.

3. Tak ada sanksi untuk kinerja buruk