3 Jenis Minyak Kelapa dan Khasiatnya untuk Kesehatan Bayi

By nova.id, Jumat, 28 Oktober 2016 | 01:30 WIB
7 Khasiat Tersembunyi Minyak Kelapa Selain Bikin Tubuh Langsing (nova.id)

Untuk perawatan bayi karena kulitnya sangat sensitif dan lembut, maka harus berhati-hati memilih produk yang tepat. Pasalnya, masih ada sejumlah produk khusus bayi yang menggunakan bahan-bahan kimia dan berdampak iritasi atau alergi.

Jika masalah ini mengganggu Si Kecil, Anda pun bisa mencoba produk berbahan alami. Misalnya, minyak kelapa.

Minyak ini sungguh kaya manfaat. Bisa digunakan mulai dari memasak, perawatan kecantikan, atau untuk dikonsumsi. Khasiat kelapa sudah dibuktikan oleh orang-orang di seluruh dunia dan telah diwariskan turun-temurun kepada setiap generasi berikutnya.  

Baca: 20 Jenis Minyak Untuk Perawatan Kecantikan Sesungguhnya

Berikut adalah tiga jenis minyak kelapa yang aman untuk digunakan sebagai pengganti obat luar bagi buah hati Anda seperti yang dilansir dari HelloSehat :

1. Minyak kelapa murni

Minyak ini diekstraksi dari daging buah kelapa yang dikeringkan di bawah sinar matahari. Untuk menggunakannya, Anda bisa menggiling dan menghancurkan daging buah kelapa kering tersebut sampai minyaknya keluar.  

2. Virgin coconut oil (VCO)

VCO dipercaya berkualitas tinggi dibanding minyak kelapa murni karena perbedaan proses ekstraksinya. VCO diambil dari santan kelapa sehingga tidak mengalami proses pengeringan dan tidak dipanaskan di bawah sinar matahari.

Maka aroma VCO pun lebih segar dari minyak kelapa murni. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam VCO juga lebih kaya karena tidak melalui pemanasan.

Baca: Obat-obat Tradisional Untuk Si Kecil

3. Minyak kelapa organik

Ini adalah jenis kedua minyak di atas yang diekstraksi dari pohon kelapa yang tumbuh secara organik. Maka dalam perawatan dan pertumbuhannya, pohon kelapa tersebut tidak terkontaminasi dengan bahan kimia apa pun seperti pupuk kimia atau pestisida.

Baca: Minyak Telon Si Penghangat Bayi

Lalu apa saja kegunaan minyak kelapa untuk bayi? Berikut 9 di antaranya:

1. Mengobati ruam popok

Minyak kelapa memiliki sifat melembapkan sehingga ruam akan lebih cepat sembuh sementara kandungan antibakterinya bisa mencegah ruam datang kembali. Oleskan minyak kelapa pada ruam popok bayi Anda setelah mandi dan pijat dengan lembut.

2. Mengatasi sariawan

Untuk mengatasi sariawan, oleskan minyak kelapa tipis-tipis pada puting susu ibu menyusui ketika memberikan ASI. Atau oles juga sedikit di mulut bayi untuk mempercepat penyembuhan karena minyak kelapa memiliki fungsi antijamur yang bisa melawan sariawan.

3. Menghilangkan jerawat pada bayi

Kadang, bintik-bintik jerawat ini tampak meradang dan terasa sedikit gatal sehingga bayi tak nyaman.

Tuangkan sedikit minyak kelapa pada telapak tangan. Gosokkan di tangan sampai terasa hangat dan oleskan pada kulit bayi yang berjerawat. Diamkan selama beberapa jam dan bilas bersih dengan air hangat.

Baca: Gampang Dicari, 7 Bunga Ini Punya Sejuta Manfaat untuk Kecantikan Kulit

4. Mengobati gigitan serangga

Minyak kelapa memiliki kandungan antibakteri dan anti-peradangan sehingga bisa mengobati gigitan serangga. Oleskan minyak kelapa di tempat gigitan serangga dan diamkan selama beberapa saat atau sampai kulit tampak sembuh seperti biasa.

5. Melindungi kulit dari iritasi

Kulit kering bisa menimbulkan iritasi. Oleskan minyak kelapa pada kulit bayi setelah Anda gosok-gosok di telapak tangan sampai terasa hangat.  

Baca: Bersihkan ‘Daki’ Saat Luluran dengan Campuran 7 Bahan Alami Ini

6. Meredakan sakit ketika gigi mau tumbuh

Biasanya gigi bayi yang mau tumbuh akan menyebabkan berbagai gejala seperti gusi yang terasa nyeri dan gatal. Atasi dengan minyak kelapa yang dioleskan perlahan pada gusi bayi.

7. Meredakan pilek

Berbagai produk balsem yang tersedia di toko biasanya mengandung berbagai bahan kimia dan baunya sangat menyengat.

Maka bayi Anda akan merasa lebih nyaman dengan campuran minyak kelapa dan minyak esensial yang dioleskan pada dada bayi Anda dan diamkan sepanjang malam.

Baca: Stamina Hingga Kanker, Ini Khasiat 8 Herbal Untuk Kesehatan

8. Mengobati dermatitis seboroik (cradle cap)

Kulit kepala bayi Anda juga masih sensitif, sehingga tak jarang bayi mengalami dermatitis seboroik atau cradle cap. Karena minyak kelapa merupakan agen antijamur, minyak kelapa bisa mengobati dermatitis seboroik pada bayi dengan aman.

Baca: Jangan Anggap Remeh Kerak Kepala

9. Merangsang pertumbuhan rambut

Jika bayi Anda mengalami masalah pertumbuhan rambut atau rambutnya sangat tipis dibanding bayi seusianya, Anda bisa mencoba menggunakan minyak kelapa. Kandungan vitamin E dan K yang kaya dalam minyak kelapa akan merangsang akar rambut agar jadi lebih kuat dan lebih cepat tumbuh.

Caranya, basahi dulu rambut bayi Anda dengan air hangat dan tuang minyak kelapa pada kulit kepala bayi Anda secukupnya. Setelah itu, pijat dengan lembut dan diamkan selama setengah jam. Bilas sampai bersih dengan air hangat.