Bayi Diduga Tertukar Usai Operasi Sesar

By nova.id, Kamis, 10 November 2016 | 04:36 WIB
Ilustrasi (nova.id)

Subagio (29)  bersemangat saat bercerita tentang dugaan bayinya tertukar meski kemarin malam baru saja menempuh perjalanan jauh dari daerah asalnya di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), ke Denpasar, Bali.

Kedatangannya ke Bali kemarin adalah kali ketiga untuk mengurus hasil tes DNA yang ia jalani bersama istri dan seorang bayi pada 31 Agustus lalu.

Subagio melakukan serangkaian tes DNA untuk memastikan dugaan bahwa bayinya telah tertukar dengan bayi lain saat dilahirkan di RSUD Bima NTB lewat operasi caesar pada 22 Agustus lalu.

"Hasil tes DNA di RSUP Sanglah yang diberikan pada kami pada 29 September lalu sebetulnya sudah jelas, yakni bayi yang saat ini bersama kami bukanlah anak kandung kami. Namun, tes DNA pembanding yang diajukan oleh pihak RSUD justru menghasilkan yang sebaliknya, yakni bayi itu memang anak kandung kami," kata Subagio ketika dihubungi, Rabu (9/11/2016).

"Karena itu, kami sekarang kembali ke RSUP Sanglah untuk meminta klarifikasi tentang hasil tes DNA di sini. Saya sendiri jadi bingung kok bisa hasil tes DNA yang ilmiah itu berbeda meskipun sampel yang dites berasal dari orang-orang yang sama," imbuh Subagio. Bayi diduga tertukar usai operasi sesar

Kisah tentang dugaan bayi tertukar itu berawal pada 22 Agustus lalu. Saat itu istri Subagio, yakni Sumarni (28), menjalani operasi caesar di RSUD Bima.

Baca juga: Bayinya Tertukar dan Meninggal, Sang Ayah Tuntut Rumah Sakit karena Tolak Tes DNA

Setelah bayinya dilahirkan, Subagio yang terus menunggu di dekat ruang operasi kandungan, ingin melihat bayinya. Belum sempat masuk ke tempat bayinya dirawat, ada seseorang yang sepertinya pasien keluar dari ruang operasi kandungan.

Ia membawa seorang bayi. Subagio sempat bertanya pada perempuan yang dianggapnya pasien itu. "Saya tanya, ibu mau ke mana bawa bayi itu? Kemudian ibu itu menjawab "saya mau rawat di rumah saja biar aman," ujar Subagio menirukan perkataan pasien ibu-ibu itu.

Subagio sempat bertanya-tanya dalam hati dari mana orang itu masuk, sedangkan ia merasa istrinya yang masuk lebih dulu ke ruang operasi, dan semestinya lebih awal keluar.

Karena ia kemudian melihat bayinya agak cacat, Subagio mulai menduga-duga bahwa bayi yang dibawa keluar oleh pasien lain itu bisa jadi adalah bayinya. Tapi, kecurigaan tersebut masih disimpannya.

Karena terus terusik dengan dugaan bayi tertukar kendati si bayi sudah dibawa ke rumahnya, Subagio pun melakukan tes golongan darah si bayi. Hasilnya, si bayi bergolongan darah O, padahal Subagio dan istrinya bergolongan darah B.