Ini Dia Tips Matangkan Terasi Tanpa Bau Dari Koki Terkenal

By nova.id, Rabu, 26 April 2017 | 07:15 WIB
Ini Dia Tips Matangkan Terasi Tanpa Bau Dari Koki Ternama. (nova.id)

Sudah menjadi rahasia umum jika terasi merupakan bahan makanan Indonesia yang memberi rasa nikmat pada olahan masakan Anda. Selain membuat hidangan jadi gurih dan nikmat, aroma terasi juga sangat khas tercium.

Sayangnya, ketika dipanaskan di atas api untuk dimatangkan, terasi mengeluarkan bau yang sangat menyengat dan membuat anak-anak atau pun Anda sendiri harus menutup hidung.

Ternyata, Anda tidak perlu menderita untuk menikmati sajian dengan bahan terasi. Sebab, ada cara yang lebih mudah untuk mematangkannya tanpa mengeluarkan bau yang semerbak.

Baca: Bebek Goreng Sambal Terasi

Diungkapkan oleh Chef Stefu usai acara Indonesian Cooking Class di Culinaria Modena Jakarta, Sabtu (12/11/2016), Anda dapat mematangkannya dengan menggunakan alumunium foil.

Pertama, siapkan alumunium foil dan terasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah itu, Anda pun dapat menggulung terasi menggunakan alumunium foil.

Baca: Ayam Penyet Sambal Terasi

Nah, kini paket terasi tersebut dapat Anda masukkan ke dalam oven. Chef Stefu menyarankan untuk menggunakan suhu 180 derajat untuk memanggangnya.

Sementara itu, jika di rumah Anda tidak terdapat oven, matangkan paket terasi tersebut di atas api.

Dengan demikian, Anda pun bisa langsung mencobanya di rumah kala memasak makanan yang membutuhkan bahan terasi tanpa menganggu hidung keluarga dan diri sendiri.

Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja/KompasFemale