Bukan Cuma Langsing, Ini 7 Manfaat Olahraga untuk Psikologis Wanita

By nova.id, Sabtu, 14 Januari 2017 | 02:30 WIB
4 Skincare Wajb Bagi Perempuan yang Gemar Berolahraga (nova.id)

Melakukan aktivitas fisik baik di rumah atau di luar rumah, bermanfaat membuat bahagia dan menyehatkan badan. Anda pun bisa melakukannya sendiri maupun bersama keluarga.

Tapi, jika melakukannya dengan keluarga justru lebih banyak manfaatnya, lo. Apa saja?

Mengontrol berat badan

Latihan dapat membantu mencegah kelebihan berat badan atau menjaga berat badan. Semakin intens aktivitasnya, semakin banyak kalori yang dibakar.

Baca: Mulai dari 5 Hal Sederhana Ini untuk Ajari Anak Sopan Santun Saat Bertamu

Memerangi penyakit

Khawatir tentang penyakit jantung dan tekanan darah tinggi? Olahraga teratur membantu mencegah atau mengelola berbagai masalah kesehatan, seperti stroke, sindrom metabolik, diabetes tipe 2, depresi, dan kanker.

Meningkatkan suasana hati

Butuh mengeluarkan emosional setelah beberapa hari yang menegangkan? Sebuah sesi olahraga atau jalan cepat selama 30 menit dapat membantu. Aktivitas fisik merangsang berbagai bahan kimia otak yang membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih santai. Dapat pula meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri.

Meningkatkan energi

Latihan memberikan oksigen dan nutrisi ke jaringan, dan membantu kerja sistem kardiovaskular lebih efisien. Anda pun memiliki lebih banyak energi untuk mengatasi tugas sehari-hari.

Baca: Baby Spa, Apa Manfaatnya untuk Bayi?

Tidur lebih baik

Aktivitas fisik secara teratur dapat membantu tidur lebih cepat dan berkualitas. Namun, jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur.

Menghangatkan seks

Rutin berolahraga dapat meningkatkan gairah seksual wanita. Sementara pada pria, dapat mengatasi masalah disfungsi ereksi.

Hubungan sosial

Olahraga dan aktivitas fisik outdoor yang menyenangkan dapat membuat tubuh lebih santai, menikmati alam bebas, dan membahagiakan. Aktivitas fisik juga dapat membantu hubungan keluarga dan teman-teman dalam lingkungan sosial yang menyenangkan.

Yuk, cari aktivitas fisik yang menyehatkan, mudah dilakukan, dan menyenangkan!

Noverita K. Waldan/Tabloid NOVA