6 Cara Alami yang Efektif Mencegah Payudara Kendur Selama Menyusui

By Ade Ryani HMK, Selasa, 24 Januari 2017 | 05:30 WIB
Manfaat Menyusui Selama 6 Bulan Cegah Gangguan Hati pada Anak (Ade Ryani HMK)

Salah satu kekhawatiran banyak wanita saat menyusui buah hati adalah bentuk payudara mengendur karena menyusui.

Menurut Matthew R. Schulman, M.D, seorang asisten profesor bedah kosmetika di Mount Sinai School of Medicine, New York, AS, penyebab payudara mengendur bukan karena Anda menyusui, melainkan kenaikan dan penurunan berat badan selama masa hamil.

Lalu, adakah cara alami untuk mengatasinya?

1. Pakai bra yang tepat

Untuk menjaga payudara tetap ideal selama menyusui, gunakan bra yang tepat. Ahli bahkan menyarankan untuk memakai bra sepanjang waktu, termasuk saat tidur. Melawan gravitasi menjadi alasannya, dimana bra akan mencegah peregangan dari ligamen Cooper.

Selain itu, pastikan ukuran dan fungsi bra yang sesuai kondisi tubuh serta kebutuhan. Pakai bra dengan tali yang lebih lebar.

Baca: 5 Mitos Menyusui yang Tak Perlu Dipercaya

2. Postur menyusui yang baik

Seringkali ibu membungkuk saat menyusui bayi dalam keadaan duduk. Meski dilakukan tanpa sadar, sebaiknya hindari postur tubuh tersebut.

Lebih baik, gunakan bantal menyusui untuk mendekatkan wajah dan mulut bayi ke payudara ibu, dibanding membungkukkan badan.

Memperbaiki postur sederhana ini dan posisi saat menyusui akan membantu mencegah payudara kendur.

Baca: 5 Kebiasaan yang Bikin Payudara Cepat Kendur

3. Yuk, olahraga

Setelah dokter kandungan memastikan tubuh ibu sudah sehat atau pulih dan bisa melakukan aktivitas fisik yang lebih berat, maka ibu pun sudah bisa berolahraga.

Jika dilakukan secara teratur, olahraga apapun akan membantu menurunkan berat badan yang melonjak saat hamil dan setelah melahirkan. Manfaat lainnya, otot akan lebih kencang meskipun ibu masih menyusui.