5 Tempat Menarik untuk Mengisi Libur Imlek di Sekitar Jabodetabek

By nova.id, Minggu, 29 Januari 2017 | 05:00 WIB
5 Tempat Menarik untuk Mengisi Libur Imlek di Sekitar Jabodetabek (nova.id)

Perayaan Tahun Baru Cina atau Imlek tak hanya lekat dengan makanan khas, nuansa merah, barongsai, dan seni tradisional lainnya.

Sejumlah tempat di sekitar Jakarta yang identik dengan nuansa Imlek berikut pun menarik untuk dikunjungi bersama keluarga, lo.

Lokasinya tak terlalu jauh, harganya terjangkau, dan yang pasti unik untuk dikunjungi. Sambil memotret keindahan di sana, kita pun bisa sekaligus menambah wawasan baru.

Ada dimana saja? Yuk, lihat referensi dari tabloidnova.com berikut ini:

1. Pecinan Glodok

Kawasan pertokoan dan pusat bisnis di Jakarta ini bisa dibilang merupakan salah satu bukti sejarah keberadaan etnis Tionghoa di Indonesia.

Meskipun usianya sudah ratusan tahun, masyarakat Tionghoa masih setia menghuni kawasan ini. Tak heran jika ditelusuri lebih dalam, di sejumlah ruas jalan masih ada sisa-sisa arsitektur yang kental nuansa Tionghoa.

Mulai dari Rumah Saudagar Tembakau hingga Pasar Petak Sembilan.

Di kawasan Petak Sembilan Anda juga bisa mampir mengunjungi Gedung Candra Naya. Pada era kolonial Belanda, gedung ini dihuni oleh Mayor China Khouw Kim An. Tugasnya yakni menjaga keamanan dan menyelesaikan masalah masyarakat Tionghoa di Batavia.

Di sini Anda bisa mendapatkan beragam informasi unik seputar sejarah masyarakat Tionghoa serta menengok bagaimana isi rumah etnis Tionghoa di masa lalu.

Saat malam Imlek, ratusan lilin raksasa biasanya dinyalakan untuk menyambut para pengunjung yang datang. Nah, selain wisata sejarah, sempatkan juga untuk berburu wisata kuliner di sini.

Baca: Terungkap! Makna di Balik 7 Sajian Khas Imlek yang Legendaris