Penyebab Hidung Terasa Panas dan Sering Gatal Saat Flu Melanda

By , Senin, 6 Februari 2017 | 10:00 WIB
Mengapa saat bersin kita harus menutup mulut? (Nova)

Ketika kekebalan tubuh menurun dan cuaca di luar tak menentu, berbagai penyakit pun rentan menyerang. Salah satu yang sering dialami adalah flu. Gejala yang mudah dikenali mulai dari bersin-bersin, pilek, gatal di tenggorokan, dan mata berair.

Saat flu melanda, rasa tak nyaman paling sering dikeluhkan adalah pada bagian pernapasan. Cairan yang menggumpal di rongga hidung membuat kita jadi sulit bernapas.

Flu juga kerap disertai dengan naiknya suhu tubuh atau demam. Selain itu, sering juga kita rasakan napas terasa lebih panas. Apa penyebabnya?

Baca: Kenapa Tubuh Rentan Sakit dan Lemas Saat Musim Hujan?

Dr. Yudhi Yunada Zaini menjelaskan timbulnya flu pada manusia berawal dari adanya virus yang masuk ke dalam tubuh. Virus ini bisa dengan mudah ditularkan melalui udara.

"Flu biasanya ditularkan melalui udara. Penularannya bergantung pada ukuran partikel (droplet) air ludah yang membawa virus tersebut masuk ke dalam saluran napas. Misalnya, jika terdapat 10 virus/droplet, maka 50 persen orang-orang yang terserang dosis ini akan menderita influenza," jelasnya saat dihubungi Senin (6/2/2017).

Baca: Kenali 6 Penyakit Khas Musim Hujan dan Cegah Pemicunya!

Adalah hal normal jika saat flu hidung juga terasa panas. Penyebabnya adalah virus yang melekat pada epitel sel hidung. Sehingga sering terjadi gatal atau bersin pada hidung.

"Hidung terasa panas pada saat kita flu terkait dengan virus yang menyerang saluran pernafasan. Virus akan melekat pada epitel sel di hidung dan bronkus. Makanya hal ini dapat menyebabkan gangguan seperti hidung panas, gatal dan bersin-bersin," tambahnya.