Manfaat Tak Terduga Rutin Pakai Kondisioner Rambut

By nova.id, Senin, 13 Februari 2017 | 04:00 WIB
Manfaat Tak Terduga Rutin Pakai Kondisioner Rambut (nova.id)

Kondisioner tidak ada bedanya dengan pelembap wajah. Jadi, sekalipun rambut Anda sudah halus dan lembut, kondisioner tetap harus dipakai setelah membilas sampo. Berikut tiga manfaat kondisioner untuk kecantikan dan kesehatan rambut Anda.

Baca: Sampo Saja Tidak Cukup. Gunakan Kondisioner Sehabis Keramas!

1.    Mengganti minyak alami Detergen yang terkandung dalam sampo dapat membersihkan kotoran sekaligus minyak alami yang dihasilkan kulit kepala. Kondisioner akan menggantikan minyak alami tersebut dengan kadar minyak yang rendah untuk melindungi tiap helai rambut. Hal ini akan mencegah rambut mengalami kekeringan karena kehilangan minyak alami setelah keramas.

Baca: Shampoo yang Tepat Sesuai Kebutuhan Rambut

2.    Merapikan kutikula rambut Rambut dan kuku terbuat dari bahan yang sama. Jika diperbesar dengan mikroskop, satu helai rambut tersusun atas kutikula yang bentuknya menyerupai sisik ikan yang tersusun rapi. Saat Anda memakai sampo atau memakai bahan kimia pada rambut, kutikula atau sisik rambut tersebut akan “mencuat” dan tidak rapi. Ini akan membuat rambut terasa sangat kasar dan kusam. Pemakaian kondisioner akan membuat kutikula rambut tersusun rapi.

Baca: Ternyata, Begini Cara Keramas yang Benar Agar Rambut Kuat dan Tidak Berminyak

3.    Rambut bervolume dan terlindungi Beberapa kondisioner dirancang tidak hanya utnuk membuat rambut berkilau, tetapi juga memberikan volume sehingga rambut lebih mengembang. Selain itu beberapa produk kondisioner terkini menambahkan formula untuk melindungi rambut dari terpaan panas peralatan rambut, melindungi rambut dari paparan UVA/UVB, juga melindungi rambut dari pengaruh radikal bebas.

Baca: 8 Perawatan Alami Agar Rambut Berhijab Tak Mudah Rontok

Alvin Dwipayana Kontributor Nova.id