Cara Mudah Menghindari Anak Kecanduan Main Gadget

By Dionysia Mayang, Jumat, 3 Maret 2017 | 02:00 WIB
Jangan ‘Kebablasan’, Ini 10 Karakter Negatif Anak Akibat Keseringan Main Gadget (Dionysia Mayang)

Arus teknologi yang begitu pesat membawa banyak pengaruh pada kehidupan sehari-hari. Termasuk pada anak-anak kita. Tentu sudah bukan hal aneh lagi melihat anak-anak sudah terpapar dengan teknologi sejak usia dini. Misalnya, dengan gadget atau gawai yang ia mainkan sehari-hari.

Baca: Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memberi Gadget pada Anak

Yang kemudian timbul adalah rasa khawatir orang tua ketika melihat anak-anak begitu sulit dipisahkan dari gawai tersebut. Alih-alih melihat manfaat yang dirasakan anak, banyak orang tua malah takut anaknya kecanduan atau addict. Lantas, apa yang seharusnya dilakukan?

“Menurut acuan psikologi, addict adalah ketika anak sampai terganggu karena sesuatu,” jelas Roslina Verauli, M.Psi., Psi., psikolog anak dan keluarga pada NOVA.id saat ditemui di bilangan Senayan, Jakarta.

Baca: 3 Ciri Utama Anak Kecanduan Main Gadget

Kondisi kecanduan yang mengganggu dimaksud yakni yang berkaitan dengan kegiatan harian seperti makan, minum, istirahat, bermain, dan belajar.

Nah, agar anak tak kecanduan bermain gadget ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, batasi kebiasaan anak memegang gadget. Kedua, bisa juga batasi penggunaan jaringan internet di rumah.

Baca: Waspada, Gadget Bisa Sebabkan Anak Terlambat Bicara

Menyibukkan anak dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan juga bisa membuat anak lupa pada gadget, lo. Buat anak termotivasi untuk melakukan sesuatu selain fokus pada gadgetnya.

Yang tak kalah penting, selalu ajak anak berdiskusi. Dengan mengobrol, kita jadi lebih tahu apa yang sedang menjadi minat dan kesukaan anak dan kita bisa mengarahkannya dengan cara yang positif.