Posisi Tubuh yang Mencegah Payudara Turun Saat Menyusui

By nova.id, Minggu, 12 Maret 2017 | 05:30 WIB
Langsing Hingga Cegah Kanker, Manfaat Menyusui Bagi Kesehatan Ibu (nova.id)

Berbicara tentang kesehatan payudara, pasti tak lepas dari penyakit infeksi, radang, juga kanker. Kanker payudara memang belum diketahui secara pasti penyebabnya. Ada yang menduga berasal makanan, polusi, merokok, stres, alkohol, atau hormon.

Baca: Kondisi Payudara Saat Menua

Namun, menurut Konsultan Ahli Bedah Payudara dr. Alfiah Amiruddin, MD, MS dari RS Royal Taruma Jakarta, tak satu pun di antaranya yang pasti jadi penyebab utama. Dan untuk mencegah risiko tersebut, setiap perempuan pun sebaiknya menerapkan 3 kebiasaan baik ini sehari-hari:

1. Jaga Pola Makan

Menjaga pola makan dengan benar menjadi salah satu cara untuk mencegah kanker payudara.

Hindari mengonsumsi junk food atau makanan cepat saji setiap hari, lantaran pengolahannya bisa jadi salah. Alfiah juga menyarankan untuk menghindari mengonsumsi makanan yang gosong, misalnya sate yang gosong, karena di situlah letak karsinogennya.  

Baca: Psst, Rajin Push Up Bisa Memperbesar Payudara, Lo!

2. Deteksi Dini

Makin hari, kasus kanker payudara makin banyak ditemukan pada perempuan. Kanker ini tidak hanya menyerang perempuan pada usia menopause, melainkan juga pada usia yang jauh lebih muda. Untuk itu, Alfiah menekankan pentingnya deteksi dini.

Ketika perempuan sudah mulai menstruasi, saran Alfiah, dia sudah harus melakukan pemeriksaan payudara sendiri (sadari) di rumah setiap bulan.

Bila mencurigai adanya sesuatu di payudara ketika diraba, atau sesuatu yang sebelumnya tidak ada, bisa melakukan USG di rumah sakit bila usia yang bersangkutan belum mencapai 35 atau 40 tahun. Bila usianya sudah lebih itu, bisa dilakukan pemeriksaan mamografi.

Perempuan yang keluarganya memiliki riwayat kanker payudara, berisiko untuk mendapatkan kanker yang sama sedikit lebih besar dibanding orang yang keluarganya tidak punya riwayat tersebut.

Alfiah menyarankan untuk melakukan pemeriksaan dan pengawasan diri yang lebih ketat, bila ditemukan bahwa ibu, nenek, dan tante kita menderita kanker payudara. Bila kasus seperti ini terjadi, seharusnya menjadi peringatan bagi kita agar lebih waspada menjaga kesehatan.  

Baca: Ingin Payudara Sehat dan Kencang? Jangan Lupa Rutin Konsumsi 6 Makanan Berikut

3. Menjaga Payudara

Benarkah ada hubungan antara menyusui dengan payudara yang turun? Menurut Alfiah, ada.

“Kecepatan penurunan payudara bisa diatasi dengan memperbaiki posisi tubuh. Sebab, salah satu hal yang memberi kontribusi pada bentuk payudara adalah posisi tubuh kita setiap harinya.”

Posisi duduk yang salah, misalnya cenderung membungkuk, otomatis akan membuat otot dada bertumpu ke depan lantaran gravitasi bumi. Sehingga, semua beban akan tertarik ke bawah dan payudara akan turun.

Namun, bila posisi duduk tegak atau melawan gravitasi, payudara tidak akan terlalu cepat turun.         

Baca: 7 Jenis Bentuk Payudara Perempuan dan Bra yang Sesuai

Hasuna Daylailatu/NOVA.id