Lakukan 7 Hal Ini untuk Mengatasi Baby Blues dengan Tepat

By nova.id, Senin, 13 Maret 2017 | 11:00 WIB
9 Cara Ibu Berdamai dengan Sindrom Baby Blues (nova.id)

Usai melahirkan tak jarang kita merasa emosi turun naik, hingga terkadang tiba-tiba marah atau menangis. Bisa jadi itu gejala baby blues. Lalu, bagaimana? Lakukan 7 hal ini untuk mengatasi baby blues dengan tepat.

Menurut Fonda Kuswandi, S.Psi., Praktisi Hypno-birthing, Hypnobreastfeeding, Hypnoparenting dari Pro V Clinic Holistic Health Care Jakarta., baby blues bisa dikatakan ringan jika berlangsung kurang lebih 2-3 minggu pascapersalinan.

Jika tak tertangani segera, bisa berlanjut menjadi depresi pasca persalinan. Berikut 7 hal untuk mengatasi baby blues dengan tepat:

1.Dukungan Orang Terdekat

Dukungan suami, orangtua, mertua sangat dibutuhkan. Dalam hal ini, penting sekali peran serta orang-orang terdekat untuk membantu meringankan tugas ibu mengasuh/merawat sang bayi dengan cara bagi-bagi tugas.

Selama 2 minggu pascamelahirkan, suami sebaiknya mendampingi istri tercinta. Mengapa? Karena di masa ini ibu tengah beradaptasi dengan bayi dan segala permasalahannya.

Bila masa ini terlewati dengan baik biasanya kendala pengasuhan dan perawatan bayi bisa teratasi. Yang tak kalah penting, suami seharusnya mengerti kondisi istri setelah melahirkan.

Suami harus lebih sabar dan mengerti jika istrinya jadi uring-uringan. Cobalah pahami masalah yang dihadapi dan bantulah mencari jalan keluar dari masalah tersebut.

2.Berbicara Pada Orang-Orang yang Dipercaya

Berbagi masalah dengan orang-orang yang dipercaya seperti teman, saudara, orangtua, atau sesama ibu yang pernah mengalami hal serupa tentu bisa membantu.

Ya, kita dapat mencari support group sehingga tak merasa sendirian. Bertukar pikiran mengenai cara-cara mengatasi keluhan psikis yang dialami.

Meski sudah banyak membaca literatur tentang cara mengatasi sindrom tersebut, adakalanya teori yang didapat berbeda dari kenyataan masalah yang dihadapi.