10 Langkah Siapkan Bekal Tanpa Repot!

By Dahrani Putri, Rabu, 12 April 2017 | 03:15 WIB
Menu Bekal Siang Sehat dan Bergizi Untuk Si Kecil (Dahrani Putri)

Menyambut hari bekal nasional 12 April ini, yuk, bawakan bekal untuk anak dan pasangan tercinta. Ikuti saja 10 langkah persiapkan bekal nan praktis berikut ini.

1.  Siapkan bekal malam pada sebelumnya untuk mengurangi kerepotan di pagi hari. Cara ini akan memudahkan Anda menyiapkan keperluan lain anak di pagi hari.

2. Pastikan kondisi bahan makanan yang akan digunakan tetap dalam kondisi baik, tidak rusak atau kedaluwarsa, tidak berjamur dan tidak berbau busuk.

(Baca: Biasakan Anak Sarapan dan Bawa Bekal ke Sekolah)

3.  Hindari kontaminasi silang dari bahan makanan yang masih mentah dengan makanan yang sudah matang atau setengah matang. Pisahkan saat menyimpan agar tidak ada perpindahan bakteri dari bahan makanan mentah ke makanan matang.

4.  Simpan bahan makanan sesuai jenisnya, apakah di lemari es atau cukup dalam suhu ruangan di dalam lemari makan.

5.  Masak setengah matang atau hanya potong-potong saja bahan makanan yang disiapkan pada malam sebelumnya. Tidak menutup kemungkinan juga untuk memasak makanan bekal pada malam hari hingga matang. Misalnya, ayam goreng, Anda bisa ungkep ayam pada malam hari dan menggorengnya di pagi hari.

6.  Cairkan bahan makanan beku yang akan digunakan sebelum dipanaskan atau dimatangkan di pagi hari.

(Baca: Cara Praktis Siapkan Bekal Anak)

7. Panaskan makanan yang sudah matang, baik menggunakan microwave atau kompor. Jika bahan makanan yang disimpan hanya setengah matang, maka matangkan pada pagi harinya.

8. Cuci bersih bahan makanan mentah, sebelum dimasukkan dalam wadah makan. Lalu susun bekal  dalam wadah makannya.

9. Usahakan anak hanya membawa satu kotak makanan saja, agar ia tidak kerepotan.

10. Buat daftar menu yang berguna agar Anda tidak bingung saat memilih makanan untuk bekal. Daftar menu ini kemudian dibuat putaran menu mingguan, per 10 hari atau bulanan.

Mudah dan praktis, kan? Jangan lupa bawakan bekal untuk anak dan pasangan tercinta, ya, Sahabat NOVA!