Ternyata Besar Kecilnya Payudara Tak Pengaruhi Jumlah ASI dan Kemampuan Menyusui

By Ade Ryani HMK, Senin, 19 Juni 2017 | 04:30 WIB
Penyambung puting transparan juga membantu ibu agar bisa menyusui bayinya (Ade Ryani HMK)

Banyak perempuan yang khawatir pada kondisi payudaranya saat menyusui.

Bukan cuma soal perubahan bentuk, tapi justru kondisi payudara yang kurang mendukung.

Misalnya, puting payudara yang datar atau bahkan tenggelam yang pasti banyak dikhawatirkan para ibu bisa membuat menyusui terganggu.

Sebenarnya, apapun bentuk puting yang kita miliki tak akan menjadi kendala saat menyusui, apabila kita tahu bagaimana trik dan kiatnya.

Dr. Yolanda Safitri, MPH(M) menjelaskan bahwa kondisi puting yang datar atau tenggelam bisa dipersiapkan terlebih dahulu sebelum kita menyusui.

“Sebelum menyusui, puting bisa kita coba tarik dulu dengan nipple puller. Setelah ditarik, puting akan tampak lebih menonjol dari sebelumnya,” jelasnya.

(Baca: Jangan Khawatir, Ini Perubahan Puting Susu yang Sering Dialami Saat Hamil)

Menurut dr. Yolanda, menyusui bukan semata karena kondisi puting saja, namun kita juga harus paham bahwa area areola juga harus masuk ke mulut bayi juga.

“Jadi, walaupun puting tidak terlalu menonjol pun, tetap bisa langsung menyusui,” jelas konselor laktasi dari RS Bunda, Menteng, Jakarta ini.

Selain itu, kita juga bisa menggunakan bantuan nipple shield untuk membantu perlekatan yang baik.

Nipple shield sendiri adalah semacam silikon pelindung berbahan silikon yang bisa kita gunakan untuk menyambung puting yang datar atau tenggelam.

Puting yang tenggelam juga nantinya akan terbentuk, seiring dengan intensitas menyusui akan terbentuk melalui hisapan bayi.