Senyum Semringah Mak Onih, Pemakai Pertama ATM Beras Gratis di Purwakarta

By Swita Amallia Alessia, Senin, 5 Juni 2017 | 09:00 WIB
ATM Beras di Purwakarta (Swita Amallia Alessia)

Onih (70), warga Kampung Rawa Salem RT 01 RW 01 Desa Wanakerta, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, merupakan orang pertama pemakai fasilitas Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Beras yang diluncurkan pemerintah daerah setempat, Kamis (1/6/2017).

Nenek yang biasa dipanggil tetangga dengan sebutan Mak Onih ini terlihat kebingungan saat kali pertama berdiri di depan mesin ATM untuk mengambil jatah beras premium tanpa harus membayar alias gratis.

Sesaat kemudian, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi sigap membantu. Personal identify number (PIN) pun dimasukkan, setelah itu layar menampilkan menu yang salah satunya adalah perintah pengambilan beras.

(Baca : Sering Diejek, Santri Bernama "Q" Ingin Ganti Nama )

“Sebelumnya bagaimana Mak Onih mendapatkan beras?” tanya Dedi saat memandu penggunaan ATM.Perempuan yang sudah memiliki dua anak dan dua cucu tersebut membalasnya. Ia bilang, biasanya ia mendapatkan jatah Beras Miskin—atau Raskin yang kini disebut Beras Sejahtera atau Rastra—yang masih mengharuskan ia membayar Rp 2.500 per liternya.

“Uang untuk membayar biasanya dikasih sama anak atau ada yang memberi. Sykurlah dengan adanya ATM Beras bisa dapat gratis," terang dia.

Mak Onih adalah satu dari 46.582 warga Purwakarta penerima Rastra.

Secara persentase, penerima Rastra di sana kurang dari lima persen dari total penduduk.

Dengan adanya ATM Beras, Pemerintah Daerah (Pemda) berharap mampu memutus mata rantai distribusi beras subsidi yang kerap disalahgunakan oleh oknum aparat desa. Bahkan ia menargetkan warganya untuk lepas bantuan Rastra dari Bulog paling lama akhir tahun.

"(Dengan ini) tak akan ada lagi penyimpangan subsidi beras," lanjut Dedi.

Ia juga yakin, sistem ATM memungkinkan penyaluran subsidi lebih tepat guna dan sasaran.

Adapun teknisnya, beras dikumpulkan oleh aparat desa dari warga Purwakarta yang mampu.