7 Zat Ini Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil agar Bayi Sehat dan Cerdas

By , Jumat, 23 Juni 2017 | 11:00 WIB
Ini Dampak Infeksi Menular Seksual untuk Ibu Hamil dan Melahirkan (Nova)

Kehamilan merupakan sebuah fase yang penting bagi seorang wanita. Sebab sejak hamil banyak perubahan yang terjadi di tubuh wanita, mulai dari hormon, bentuk tubuh, dan emosi.

Sehingga sebuah keharusan untuk mempersiapkan segalanya sebaik-baiknya hingga kehadiran jabang bayi nantinya.

Artikel dari Boldsky.com yang dikutip oleh NOVA.id, mengatakan ada beberapa zat yang wajib dikonsumsi ibu hamil. Ini ulasannya! 1. Vitamin B12 Menurut para ahli, wanita hamil membutuhkan 2,5mcg vitamin B12 di dalam tubuhnya. Vitamin B12 sangat membantu ibu dan bayi tetap sehat.

Dianjurkan ibu hamil mengonsumsi suplemen vitamin B12 setiap hari, setidaknya 3 bulan sebelum konsepsi dan juga untuk tiga bulan pertama kehamilan.

Meski demikian ibu tidak bisa sembarangan mengonsumsi vitamin B12 dan harus mengonsultasikan hal ini kepada dokter kandungan. 2. Yodium Yodium juga penting bagi wanita hamil karena yodium membantu meningkatkan IQ. Menurut data, dikatakan bahwa 1/3 wanita menderita defisiensi yodium yang menyebabkan daya tangkap bayi menjadi kurang.

Para ahli mengatakan bahwa 250 mcg yodium penting bagi wanita hamil sehingga mencegah kerusakan otak pada bayi baru lahir.

(Baca: Konsumsi Nasi Putih Berlebih Saat Hamil Sebabkan Anak Obesitas?) 3. Magnesium Para ahli mengatakan bahwa 270 mg magnesium dibutuhkan oleh wanita hamil. Namun, saat ibu sedang menyusui jumlah magnesium harus ditingkatkan hingga 320 mg. Magnesium dibutuhkan oleh wanita hamil karena membantu memperbaiki jaringan tubuh di tubuh dengan mudah. Kekurangan magnesium dapat menghambat pertumbuhan janin dan juga menyebabkan kenaikan tekanan darah pada seseorang secara konstan. 4. Asam Folat Sebanyak 600 mcg asam folat diperlukan untuk wanita hamil karena merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan untuk mencegah kelahiran cacat pada tabung saraf. Cacat pada tabung syaraf bisa berupa bayi lahir tanpa tengkorak kepala dan tidak menurutnya syaraf tulang belakang. Selama tiga bulan pertama kehamilan atau jelang  persalinan sangat penting untuk mengkonsumsi 200 mcg asam folat dalam sehari. Jangan lupa lebih rutin mengonsumsi sayuran berdaun, buah, kentang, dan telur untuk mendapatkan jumlah asam folat yang tepat di tubuh.

(Baca: Bedanya Jumlah Kebutuhan Vitamin C dalam Kondisi Normal, Hamil, dan Menyusui) 5. Zat Besi Wanita hamil membutuhkan etidaknya 14.8 mg zat besi untuk memproduksi darah dalam tubuhnya yang juga dibutuhkan oleh janin di dalam kandungannya. Apa yang akan terjadi jika seorang ibu hamil defisiensi zat besi? Keadaan fatal seperti komplikasi selama kehamilan hingga saat persalinan. Tercatat, lebih dari  30 persen wanita kekurangan asupan zat besi dari makanannya.

Rutinlah mengonsumi makanan yang memiliki kandugan zat besi tinggi selama kehamilan, sepeti kacang-kacangan dan daging merah. 6. Vitamin D Sebanyak 10 mcg vitamin D dibutuhkan oleh wanita hamil. Vitamin D dapat membantu memberi kekuatan dan nutrisi pada bayi selama beberapa bulan pertama kehamilan. Untuk mendapatkan cukup banyak vitamin D, konsumsilah ikan berminyak dan juga telur.

(Baca: Ini, lo, 4 Manfaat Makan Telur Saat Hamil) Bisa juga dengan berjemur di bawah sinar matahari selama 15 menit pada pukul 7-10 pagi. Jika tidak mendapatkan cukup banyak vitamin D dapat menyebabkan rakhitis karena tulang anak bisa melunak. 7. Selenium Selenium dibutuhkan sebanyak 60 mcg pada ibu hamil. Kemudian kebutuhan selenium meningkat menjadi 75 mcg selama menyusui.

Sebagian besar ahli mengatakan bahwa kekurangan selenium seringkali dapat menyebabkan peningkatan risiko keguguran yang juga bisa terbukti berbahaya bagi wanita hamil. Kandungan selenium terdapat dalam kacang-kacangan.