Manfaat Lari di Luar Ruangan Dibanding Treadmill untuk Turunkan Berat Badan

By , Senin, 11 September 2017 | 02:56 WIB
Sering Gonta-Ganti Olahraga, Ini Jenis Sepatu Wajib Punya yang Nyaman Digunakan (Nova)

NOVA.id – Selain menjaga pola makan dengan asupan gizi seimbang, rutin berolahraga juga jadi prioritas masyarakat modern demi memperoleh gaya hidup yang sehat.

Namun, ditengah kesibukan bekerja dan aktivitas lainnya, berolahraga kadang jadi tertunda, bahkan kerap tak dilakukan sama sekali.

Dari banyaknya jenis olahraga yang bisa kita lakukan, lari adalah olahraga yang paling sering dan paling memungkinkan untuk dilakukan meski kita sangatlah sibuk.

Baca juga: Ingin Cepat Langsing? Tiru Menu Diet Artis Korea Ini, Ada yang Hanya Makan 3 Butir Telur Rebus, loh!

Berlari juga menawarkan sejumlah manfaat bagi tubuh kita, seperti membantu menurunkan stres, mengurangi risiko penyakit jantung, memperkuat persendian, dan lain sebagainya.

Jika Anda fokus untuk berolahraga lari, tentunya hanya ada dua pilihan.

Berlari di dalam ruangan (indoor) dengan menggunakan treadmill atau berlari di luar ruangan (outdoor).

Tapi, tahukah Anda mana yang sebaiknya kita pilih, outdoor atau indoor?

Baca juga: Begini Seharusnya Postur Tubuh Saat Berdiri dan Berlari

Dilansir dari womenshealthmag.com, bahwa berlari di atas treadmill tidaklah selalu membantu dibanding ketika kita berlari di outdoor.

 “Berlari di atas treadmill akan hanya membakar sekitar 3 sampai 7 persen kalori, tak lebih banyak ketika Anda berjalan di luar,” jelas John Porcari, Ph.D., direktur program Fisiologi Latihan Klinis di Universitas Wisconsin, LaCrosse.

Namun semua itu kembali lagi pada tingkat kecepatan, jika kita berada pada kecepatan jogging, kemungkinan kita membakar sekitar 3 persen lebih banyak kalori.