Selain untuk Kontrasepsi, Pakai Kondom Saat Berhubungan Intim Bikin Pria Lebih Bertanggungjawab, Ini Buktinya...

By , Selasa, 26 September 2017 | 11:07 WIB
Selain untuk Kontrasepsi, Pakai Kondom Saat Bercinta Bikin Pria Lebih Bertanggungjawab (Nova)

NOVA.id - Melalui momentum Hari Kontrasepsi Sedunia yang jatuh pada 26 September 2017, Sutra sebagai kondom nomor 1 di Indonesia kembali mengkampanyekan pentingnya penggunaan kondom sebagai alat kontrasepsi.

Kampanye tersebut juga berkaitan dengan adanya stigma terhadap kondom sebagai sebuah alat kontrasepsi yang masih menjadi salah satu hambatan terhadap peningkatan penggunaan kondom di Indonesia.

Padahal, kondom adalah alat kontrasepsi yang non hormonal, sangat efektif dan efisien, paling mudah didapat dengan harga terjangkau daripada alat kontrasepsi lainnya.

Baca juga: 4 Pernikahan Paling Hits yang Jadi Buah Bibir 'Netizen' Indonesia Sepanjang Tahun 2017

Namun kenyataannya, tak jarang pasangan enggan menggunakan kondom, karena berfikir bahwa alat kesehatan tersebut justru malah akan mengurangi kepuasan bercinta dengan pasangan.

"Anggapan tersebut merupakan mindset yang perlu diluruskan, karena kondom memiliki ketebalan antara 0.05 hingga 0.02 milimeter, sehingga tidak akan mempengaruhi kualitas bercinta pasangan. Selain itu, kondom merupakan alat kontrasepsi yang paling minim risiko, dan tidak memiliki efek hormonal, sekaligus dapat menambah kepuasan bercinta dengan pasangan," ujar dr. Med. Firman Santoso, Sp.OG, seorang Gynecology Specialist saat dijumpai NOVA.id di acara media gathering #UbahHidupLo: Ayo, Pakai Kondom untuk Kontrasepsi beberapa waktu lalu.

Bukan hanya itu, penggunaan kondom juga dipercaya mampu membuat para pria jadi lebih bertanggungjawab terhadap apa yang dia lakukan.

“Lebih lanjut, penggunaan kondom juga membiasakanpara pria untuk lebih bertanggung-jawab dan tidak egois. Karena selama ini, kesadaran penggunaan alat kontrasepsi titik-beratnya ada pada kaum wanita,” tambahnya.

Baca juga: Sulit Bilang 'I Love You', Coba Lakukan 7 Cara Ini Jika Ingin Ungkapkan Perasaan

Sedangkab berdasarkan data BKKBN tahun 2014, hanya sekitar 6,34 persen laki-laki yang turut ikut ber-KB, sementara 93,66 persen peserta KB aktif adalah perempuan.

Pierre Frederick, selaku Deputy GM Consumer Healthcare DKT Indonesia yang membawahi Kondom Sutra mengungkapkan, "Untuk menyukseskan program Kondom sebagai sebuah alat kontrasepsi, dibutuhkan partisipasi dan kesadaran masyarakat secara menyeluruh. Karena hingga saat ini, program tersebut masih terkendala beberapa hal, seperti: Masyarakat yang masih menganggap tabu pendidikan reproduksi seksual; Serta stigma terhadap kondom yang selalu dianggap tabu," jelasnya.

DKT Indonesia melalui Kondom Sutra terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya penggunaan kondom sebagai alat kontrasepsi di Indonesia.

Baca juga: Jangan Bertengkar, Segera Lakukan 3 Hal Ini Saat Gairah Seks Suami Menurun!

Pada tahun 2017 ini, Sutra juga telah mengkampanyekan #UbahHidupLo sebagai kampanye sosial untuk mensosialisasikan pentingnya penggunaan kondom dual proteksi sebagai alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan tidak direncanakan, serta pencegahan penularan HIV. (*)