Berat Badan Turun dan Selulit Menghilang? Belum Tentu! Ini Cara yang Benar Jika Ingin Hilangkan Kerutan Membandel di Tubuh

By Amanda Hanaria, Senin, 30 Oktober 2017 | 13:30 WIB
Perubahan tubuh setelah melahirkan (Amanda Hanaria)

NOVA.id - Sebagai perempuan, tentu biasanya kita akan memiliki masalah dengan selulit yang terdapat pada beberapa area di tubuh kita.

Selulit menyebabkan permukaan kulit tampak bergelombang seperti kulit jeruk, yang biasanya membungkus tubuh perempuan tanpa melihat ukuran tubuh.

Biasanya, selulit akan muncul pada bagian yang memiliki lemak paling banyak.

Namun, ada kesalahpahaman yang beredar bahwa dengan menurunkan berat badan, selulit pada tubuh kita akan menghilang.

Baca juga: Heboh di Kupang, Seorang Istri Syok Usai Lihat Video Mesum Sang Suami Sedang Perkosa Anak Kandung Sambil Memegang Parang, Ini Faktanya!

Dilansir dari Shape, berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai kaitan selulit dengan berat badan kita.

"Jika berat badan seseorang di atas BMI yang dianjurkan mereka, dan mereka mengalami kelebihan berat badan, maka penurunan berat badan mungkin bermanfaat untuk mengurangi selulit.”

"Jika Anda berada pada berat badan ideal, penurunan berat badan justru tidak memperbaiki penampilan selulit,” ujar Kally Papantoniou, M.D., seorang ahli kulit di New York City.

Sebagian besar selulit disebabkan oleh kelainan struktur di bawah kulit, maka kelainan ini sering didapatkan pada perempuan yang  kurus.

Baca juga: Stop Kebiasaan Minum Kopi Sebelum Mengisi Perut, 3 Risiko Ini Bisa Mengganggu Kita!

Akan tetapi, perempuan yang gemuk sebenarnya juga memiliki kecenderungan untuk menderita selulit lebih banyak, sementara wanita yang kurang gemuk dan lebih berotot, cenderung memiliki selulit yang sedikit.

Selulit biasanya muncul pada usia yang menginjak matang, itu sebabnya kita akan sangat jarang melihat selulit pada anak-anak walaupun mereka memiliki tubuh yang gemuk.