Duh, Lebih Baik Hindari 5 Jenis Makanan Ini Agar Tak Terkena Hipertensi

By Dionysia Mayang Rintani, Rabu, 27 Desember 2017 | 09:00 WIB
Duh, Lebih Baik Hindari 5 Jenis Makanan Ini Agar Tak Terkena Hipertensi (Dionysia Mayang)

NOVA.id – Saat ini, tampaknya tidak sedikit dari masyarakat Indonesia memiliki masalah dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Gejala tekanan darah tinggi terlihat pada laki-laki maupun perempuan, terlepas dari usia mereka.

Umumnya, diagnosis menyatakan bahwa hipertensi dibawa dari satu orang ke orang berikutnya dengan cara keturunan.

Tapi, terlihat juga bahwa orang yang mengalami tekanan terlalu tinggi atau mereka yang sering menderita serangan panik dan kecemasan sering kali menjadi korban dari tekanan darah tinggi.

Nah, jika sudah seperti, salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan menjaga pola makan karena beberapa jenis makanan bisa menyebabkan tekanan darah kita menjadi lebih tinggi dari yang seharusnya.

Dilansir dari BoldSky, berikut adalah 5 makanan yang sebaiknya kita hindari jika kita memiliki hipertensi.

  1. Garam

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan garam, bukan?

Sodium dapat mempengaruhi ginjal, jantung, arteri, dan otak kita dengan tingkat tekanan darah yang tinggi.

Jika terlalu banyak tekanan darah yang menyebabkan ketegangan pada arteri, maka pada akhirnya akan menyebabkan penyempitan arteri.

Selain itu, terlalu banyak asupan sodium bisa merusak arteri yang terhubung ke jantung karena bisa mengurangi aliran darah ke jantung, dan hal inilah yang bisa menyebabkan kita terkena serangan jantung.

  1. Makanan Olahan

Makanan olahan yang instan atau siap masak, seperti ayam beku, daging sapi, ikan, udang, sosis ayam siap saji, nugget, atau kentang goreng mengandung sodium tingkat tinggi untuk pengawetan.

Mungkin enak untuk dimakan dan menghemat waktu, tapi selalu lebih baik jika kita membeli produk segar dari pasaran dibandingkan mengkonsumsi produk beku siap masak karena bisa meningkatkan kadar tekanan darah.