Tubuh Gemuk atau Kurus, Mana Lebih Bahagia?

By Winggi, Sabtu, 30 Desember 2017 | 05:30 WIB
Tubuh gemuk lebih bahagia (istock) (Winggi)

NOVA.id- Banyak orang yang ingin memiliki tubuh kurus. 

Namun ternyata berdasarkan sebuah penelitian, kelebihan berat badan lebih cenderung bahagia. 

Kelebihan berat badan biasanya dikaitkan dengan sejumlah risiko kesehatan, termasuk kondisi jantung, diabetes, dan kemungkinan peningkatan stroke. 

(Baca juga: Benarkah Mengonsumsi Alpukat Berlebih Bisa Berbahaya? Simak Alasannya

Tetapi sebuah studi terbaru menemukan bahwa orang-orang yang tergolong dgemuk dapat menjalani kehidupan yang lebih bahagia, melansir The Independent. 

Penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Epidemiology ini dilakukan oleh sekelompok ilmuwan di University of Bristol yang dipimpin oleh Louise Millard dan George Davey Smith. 

(Baca juga: 2 Bulan Menikah, Akhirnya Hamish Daud Bongkar Kebiasaan Raisa Saat Bangun Tidur)

Kelompok tersebut bermaksud untuk menganalisis bagaimana mereka dapat menggunakan PHESANT (PHEnome Scan Analysis Tool) untuk melakukan pemindaian fenom otomatis di Biobank Inggris. 

UK Biobank merupakan database yang berisi data genetik dari 500.000 pria dan perempuan di Inggris dari usia 32 sampai 73 tahun. 

Selama menjani penelitian, mereka memiliki banyak kesimpulan tentang hubungan antara BMI seseorang dan kesehatan mereka yang sudah diketahui secara luas. 

(Baca juga: 5 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan yang Baik untuk Tubuh)

Ini juga termasuk fakta jika orang dengan BMI lebih tinggi cenderung memiliki tekanan darah tinggi, menderita diabetes, dan mengalami masa puber di usia yang lebih muda.