Gunung Sinabung Kembali Muntahkan Abu Vulkanik, Berikut Daftar Zona Merahnya, Waspada!

By Healza Kurnia, Senin, 19 Februari 2018 | 05:55 WIB
Luncuran awan panas turun menutupi pancaran sinar matahari ke beberapa desa di kaki Gunung Sinabung sehingga membuat gelap gulita seperti malam hari, Senin (19/2) (Healza Kurnia Hendiastutjik)

NOVA.id - Setelah sempat di penghujung akhir bulan Januari Gunung Sinabung memuntahkan debu vulkanik, pagi ini (19/2) status Gunung Sinabung di Tanah Karo, Sumatera Utara sampai saat ini masih level IV atau awas.

Mengutip dari Tribun Medan, pada pukul 08.53 WIB tadi, Sinabung kembali memuntahkan debu vulkanik yang cukup tebal.

"Dari pengamatan kami, tinggi kolom abu Sinabung mencapai 5000 meter. Ini cukup tinggi," kata Kepala Pos Pantau Gunung Sinabung Armen Putra, Senin (19/2).

Baca juga: Waduh! 2 Mantan Perawat Ini Tertangkap Basah Curi 2.640 Botol Infus

Armen mengatakan, sempat terjadi gempa kecil saat Sinabung meluncurkan debu vulkanik.

Dari catatan pos pemantau, terjadi gempa selama lebih kurang 607 detik.

"Jarak luncur sektoral mengarah ke Selatan-Tenggara dengan ketinggian 4900 meter. Sementara arah Tenggara-Timur mencapai 3500 meter dengan amplitudo 120 milimeter," katanya.

Baca juga: Ternyata Ini Pentingnya Kenalkan Learning Buddy pada Buah Hati

Berdasarkan pengamatan, arah angin berhembus lemah ke Barat-Selatan. Sehingga, Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Tanah Karo saat ini ditutupi debu.

Informasi sementara, kawasan Tiganderket tidak hanya ditutupi debu pekat.

Namun, wilayah ini terkena luncuran batu-batu kecil yang terbawa angin saat luncuran debu vulkanik terjadi.

Baca juga: Tak Perlu Was-Was Memulai Bisnis Bakery Asal Ada Tepung Premix, Ini Alasannya

Sementara itu, dilansir dari Kompas.com, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Pos Pengamatan Gunung Sinabung juga telah mengumumkan zona merah atau wilayah larangan adalah area tanpa aktivitas di dalam radius 3 kilometer dari puncak, dalam jarak 7 kilometer untuk sektor selatan-tenggara, dalam jarak 6 kilometer untuk sektor tenggara-timur, serta dalam jarak 4 kilometer untuk sektor utara-timur Gunung Sinabung.

Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga wajib waspada terhadap potensi bahaya lahar.

"Sudah terbentuk bendungan di hulu Sungai Laborus, maka penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sekitar hilir daerah aliran sungai agar tetap waspada karena bendungan sewaktu-waktu dapat jebol karena tidak kuat menahan volume air sehingga mengakibatkan lahar atau banjir bandang ke hilir," ucap Armen.

Luncuran awan panas turun menutupi pancaran sinar matahari ke beberapa desa di kaki Gunung Sinabung sehingga membuat gelap gulita seperti malam hari.

Hal itu terjadi di Desa Sigarang-garang, Desa Payung, Selandi Baru dan Laukawar.

Baca juga: Jarang yang Tahu, Ini Sederet Efek Samping Saat Mengonsumsi Teh Hijau Berlebih, Nomor 7 Tak Diduga!

Sementara hujan abu dan pecahan material vulkanologi melanda hampir seluruh kawasan sekitar gunung, terutama di Desa Gurki, Payung, dan Sukandebi. Bahkan warga Desa Naman sudah mengungsi ke Desa Ndeskati.