Tak Hanya Membuat Sehat Tubuh, Diet Pelangi Juga Membuat Langsing!

By , Senin, 23 April 2018 | 08:45 WIB
Wapada! Ternyata, Diet Kekinian Hanya Bersifat Sementara dan Dapat Membahayakan Tubuh. Yuk Simak Penjelasannya! (Alsabrina)

NOVA.id – Beragam cara dilakukan agar mendapatkan tubuh yang sehat dan langsing. Bahkan, diet ekstrem pun ditempuh guna membuat tubuh sempurna.

Jangan sembarang diet ya! Alih-alih bertubuh sehat dan langsing, ini bisa menjadi boomerang yang tak diinginkan. 

Daripada terjadi hal yang membahayakan tubuh, yuk coba diet pelangi! Diet pelangi merupakan aturan pola makan yang berlimpah nutrisi. Dinamakan pelangi karena diet ini diharuskan memakan buah dan sayuran dari berbagai “berwarna”.

Buah dan sayuran dari berbagai warna sebenarnya mengandung berbagai jenis mikronutrien. Itulah mengapa sangat penting untuk memakan semua warna secara teratur.

Aturan diet pelangi ini cukup sederhana dan mudah diingat. Makan buah dan sayuran dalam 5 warna (merah, kuning & oranye, putih, hijau, biru & ungu) setiap hari.

Berikut ini pilihan sayuran dan buah berbagai warna yang bisa dicoba untuk diet pelangi.

Merah

Pilihan makanan merah adalah stroberi, semangka, jeruk bali, raspberi, bit, bawang merah, tomat, dan sayuran dan/atau buah berwarna merah lainnya.

Jenis makanan ini kaya dengan antioksidan kuat yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan mencegah kanker.

(Baca juga: Kebiasaan Mengonsumsi Jus Buah di Pagi Hari Tidak Menyehatkan! Ini Alasannya!)

Kuning & Oranye

Lemon, wortel, labu kuning, paprika kuning, jagung, apel kuning, persik, melon, nanas, adalah pilihan makanan kuning dan oranye.