Berpuasa Malah Semakin Boros Ini Tips Hemat Pengeluaran Saat Berpuasa

By Dok Grid, Minggu, 20 Mei 2018 | 14:00 WIB
Boros saat puasa (wundervisuals)

NOVA.id – Berpuasa adalah salah satu Ibadah dan ini juga termasuk ke dalam rukun islam. Hal ini bisa menjadi momen yang baik untuk mendekatkan diri kepada Tuhan YME.

Walau begitu, terkadang tanpa disadari, kita justru boros selama bulan puasa. Padahal, seharusnya di bulan inilah kita dapat melakukan penghematan.

Secara logis, biaya pengeluaran seharusnya lebih sedikit dibandingkan bulan lain. Ini dikarenakan pengeluaran untuk makan jadi berkurang, dari 3x makan menjadi 2x dalam sehari.

Tapi nyatanya, menurut pengalaman banyak orang, pengeluaran justru lebih besar di bulan puasa.

Daripada kebablasan, yuk cermati tips hemat pengeluaran saat berpuasa ini!

Baca juga: Gunakan Busana Santun, Intip Gaya 5 Artis Ini Saat Jalani Puasa

  1. Berbuka secukupnya

Salah satu “kesalahan” yang sering diperbuat adalah berbuka dengan banyak pilihan makanan. Memang, ketika menjelang berbuka, hasrat untuk mengonsumsi makanan akan sangat tinggi mengingat energy dalam tubuh sudah berkurang.

Namun, yang sering terjadi selanjutnya adalah kita akan membeli banyak pilihan berbuka, namun tidak menghabiskannya. Ini akan menjadi pemborosan.

Sebaiknya, tetapkan prioritas sebelum berbuka. Sisihkan dana untuk berbuka dan pilih makanan yang mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

Baca juga: Anak Tak Suka Makan Sayur? Ini 10 Tips yang Perlu Dilakukan Orang Tua

  1. Makan malam dan makan sahur

Anggaplah uang makan kita berkisar pada Rp30.000. Sisihkan Rp10.000 untuk berbuka, Rp20.000 untuk makan malam sekaligus makan sahur.

Ya, jika tidak bersama orang tua alias sedang kost, bisa langsung beli lauk pauk di warung terdekat, kemudian dipanaskan saat sahur tiba.