NOVA.id - Kita pasti menginginkan pekerjaan yang kita lakukan selesai dengan baik, dan tidak memiliki banyak kesalahan.
Selain itu, kita juga menginginkan pekerjaan yang menumpuk itu bisa cepat selesai tanpa ada yang tertinggal.
Lalu bagaimana caranya membuat hari kerja lebih produktif tanpa menambah jam kerja?
(Baca juga: Kembali Jadi Perbincangan, Inilah 5 Fakta Menarik tentang Putri Diana)
Berikut ini langkah-langkah yang bisa kita lakukan.
- Atur ulang daftar tugas
Batasi berapa banyak item yang dituliskan ke daftar tugas yang akan dilakukan.
Pilih tugas yang paling penting, dan hal ini merupakan tugas besar dan berat yang perlu diselesaikan.
Lakukan pemetaan tugas ini di pagi hari sebelum berangkat kerja, karena nantinya kita tidak akan punya waktu untuk mengerjakannya.
Tugas-tugas ringan bisa kita kerjakan setelah tugas utamas selesai dirampungkan.
Hal ini bisa membuat hari kita lebih produktif dibandingkan sebelumnya.
Membuat daftar tugas juga bisa membantu kita untuk tidur lebih nyenyak karena tidak terbebani dengan apa yang akan dilakukan esok hari.
(Baca juga: Hormati Putri Diana, Meghan Markle dan Pangeran Harry Lakukan Hal Ini Usai Pernikahannya)
- Ukur hasil, bukan waktu
Ukur diri kita dengan sebanyak apa yang bisa lakukan, bukan seberapa lama kita bisa melakukannya.
Hal ini akan mempengaruhi bagaimana kita bekerja.
Kita bisa menuliskan catatan mengenai tugas apa yang telah selesai dalam sehari.
Fokus pada hasil, bukan pada waktu, ini akan memberikan banyak hal.
(Baca juga: Konsumsi Teh Dingin Justru Dapat Menurunkan Berat Badan, Benarkah?)
- Bangun kebiasaan "Saatnya Bekerja"
Saat kita tidak memiliki rencana, maka kita cendering menunda atau membuang waktu di pagi hari.
Oleh karenanya kita bisa mulai dengan memberitahu otak dan tubuh "saatnya bekerja."
Lakukan kegiatan yang memicu tubuh dan otak kita untuk bekerja.
Hal ini akan membuat kita menjadi bersemangat, dan dapat mencapai tujuan kita.
(Baca juga: Dicibir Warganet karena Ukuran Tubuhnya, Audy Jawab Seperti Ini)
- Cari tahu seberapa besar kita membuang waktu
Cari tahu di mana kita membuang waktu kita, seperti saat memilih pakaian, atau bermain di media sosial.
Manfaatkan waktu yang terbuang itu untuk rutinitasmu yang memiliki manfaat.
(Baca juga: Jangan Keliru, Begini Cara Menata Dapur agar Rapi dan Nyaman)
- Bangun kebiasaan "Berhenti Bekerja"
Mungkin ketika kita sedang menikmati alur kerja, maka kita tidak bisa berhenti di tengah jalan.
Namun ini hanya akan membuat tugas utama kita terbengkalai.
Berhenti sebentar, sebenarnya bisa membantumu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat.
(Baca juga: Jangan Keliru, Begini Cara Menata Dapur agar Rapi dan Nyaman)
Bertemu dengan keluarga atau teman untuk sekedar berbagi membuat kita memiliki motivasi dalam menyelesaikan sesuatu yang ingin dimiliki.
Semoga tips ini bisa membantu.(*)