3 Kebiasaan di Kamar Tidur Ini Bisa Membuatmu Makin Menggemuk

By Alsabrina, Kamis, 24 Mei 2018 | 17:15 WIB
Kebiasaan yang dilakukan di kamar tidur yang membuat gemuk. (g-stockstudio)

NOVA.id – Setidaknya ada 3 kebiasaan di kamar tidur yang bisa membuatmu makin gemuk. Kamar tidur merupakan ruang privat sehingga ini menjadi tempat favorit menghabiskan waktu untuk me time.

Bahkan, tidak jarang juga banyak yang membawa makan dan kemudian memakannya di kamar tidur. Ya, ini merupakan kebiasaan kurang baik.

Selain membuat tubuh menjadi gemuk, kebiasaan untuk makan di kamar tidur dapat mengundang serangga. Hasilnya, istirahat kita pun tak akan nyenyak.

Berbicara mengenai gemuk, selain membawa makanan ke dalam kamar tidur, setidaknya ada 3 kebiasaan yang biasa dilakukan di kamar tidur yang dapat menaikkan berat badan, lho! Apa saja?

Baca juga: Psst... Ini Rahasia Bikin Kamar Tidur ala Hotel Berbintang!

1.  Tidur terlalu lama

Setelah lelah bekerja seharian, tidur dengan durasi yang panjang seakan menjadi reward untuk tubuh. Namun, siapa yang menyangka bahwa tidur terlalu lama dapat menyebabkan naiknya berat badan?

Ya, diungkapkan di satu studi dalam jurnal PLOS One, tidur lebih dari 10 jam semalam dapat menaikkan risiko Indeks Massa Tubuh (IMT) dibandingkan dengan mereka yang hanya tidur selama 7 – 9 jam setiap malam.

Baca juga: Rutin Berolahraga? Eits, Jangan Lupa Konsumsi Makanan Peningkat Stamina Ini ya!

2.  Tidak merapikan tempat tidur

Menurut survey National Sleep Foundation, setidaknya 19% lebih orang yang senang merapikan tempat tidur akan mempunyai waktu tidur yang lebih baik pada malam hari, sehingga akan menurunkan IMT.

Tak hanya menurunkan berat badan saja, Charles Duhigg, penulis buku The Power of Habit, mengungkapkan bahwa kebiasaan merapikan tempat tidur akan memunculkan perilaku baik lainnya, seperti memilih makanan yang sehat dan lebih bisa menghemat uang.