Tak Sekadar Fresh, Ini Sederet Manfaat Yoga Jika Dilakukan Rutin

By Healza Kurnia, Minggu, 24 Juni 2018 | 13:30 WIB
Ilustrasi yoga (istock)

NOVA.id - Jika memang waktu akhir pekan Sahabat NOVA tidak digunakan untuk berjalan-jalan atau berwisata ke luar, kita bisa menyempatkan waktu untuk berolahraga ringan di rumah.

Salah satu yang sering dan paling mudah dilakukan adalah yoga.

Dengan beragam model dan gerakan, yoga seringkali menjadi olahraga favorit bagi para ibu untuk menghasilkan keringat.

Sambil berolahraga pagi dengan yoga, kita pun wajib tahu alasan yoga mulai diperkenalkan ke publik hingga dikenal seluruh lapisan masyarakat seperti saat ini.

Baca juga: Ternyata Ini Rahasia Perempuan Jepang Langsing dan Awet Muda

Perlu diketahui, yoga yang kita kenal saat ini dan dipraktikkan secara umum adalah bentuk aktivitas fisik yang meliputi meditasi, pengaturan pernapasan, latihan fisik, dan postur.

Aspek-aspek yang menjadi fokus dari latihan fisik melalui yoga adalah latihan kekuatan otot dan fleksibilitas daripada latihan aerobik.

"Inilah keunikan atau perbedaan yoga sebagai bentuk olahraga apabila dibandingkan dengan jenis olahraga lainnya. Apabila dibandingkan, saat melakukan olahraga senam, aspek ketahanan aerobik atau ketahanan jantung paru sangat dominan dilatih," ujar dr. Sophia Hage , SpKO, Dokter Spesialis Olahraga, Praktisi Gaya Hidup Sehat.

Sedangkan pada yoga, yang menjadi aspek penting bukanlah ketahanan jantung paru, akan tetapi kekuatan otot, ketahanan otot dan fleksibilitas atau kelenturan.

Hal ini bukan berarti aspek aerobik atau ketahanan jantung paru kita tidak dilatih, namun proporsi manfaatnya akan lebih kecil.

"Yoga sebenarnya memiliki banyak jenis. Beberapa di antaranya yang cukup populer adalah asthanga, hatha, iyengar, vinyasa, dan bikram yoga," beber Sophia.

Sekarang istilah acroyoga, yoga dengan akrobatik dan anti-gravity yoga mulai populer.