Layaknya Sahabat, Wah, Ternyata Ini Manfaat Anak Memelihara Binatang

By nova.id, Kamis, 9 Agustus 2018 | 11:15 WIB
Ilustrasi anak memelihara anjing (istock)

NOVA.id - Seringkali kita melihat di berbagai belahan dunia ini banyak anak-anak yang menyukai binatang dan memeliharanya di rumah.

Alasannya pun beragam ada yang karena gemas dan lucu melihat binatang tersebut, ada juga yang memang membutuhkan keberadaan mereka.

Binatang yang dipelihara pun bermacam-macam mulai dari kucing, anjing, hamster, burung, ikan dan masih banyak binatang lainnya.

Tentunya, dengan memelihara binatang seperti ini anak menjadi memiliki ikatan yang berkembang antara anak dan binatang peliharaannya sangat dalam dan bisa seperti ikatan emosional yang terjadi antara mereka dengan orang-orang terdekatnya.

(Baca juga: Ucapkan Selamat Ultah, Eva Celia Unggah Foto Jadul Sophia Latjuba)

Mengurus serta merawat binatang peliharaan juga dapat mengajarkan tanggung jawab pada anak-anak.

Singkatnya, binatang menjadi salah satu alat pembelajaran yang terbaik di dalam kehidupan si kecil.

Dengan memiliki binatang peliharaan di rumah, berarti Sahabat NOVA mengajak anak untuk mengenal lingkungan kehidupan binatang ke dalam kehidupannya.

Sekaligus memberikan kesempatan langsung bagi anak untuk mempelajari secara dekat bagaimana ciptaan Tuhan (selain manusia) bergerak, melihat, mencium, bahkan merasakan.

Memelihara ikan mas (dan ikan lainnya) dapat membantu anak belajar tentang empati.

(Baca juga: Seru, Kompetisi eSports Tingkat Dunia Segera Dihelat di Indonesia)

Salah satu bonus dari belajar empati dengan cara ini adalah kesadaran yang lebih baik dari memperhatikan kesejahteraan binatang.