Nova.id – Sebagai pekerja aktif, tidak bisa dipungkiri jika kita akan banyak mendapat tekanan di tempat kerja.
Ini tentunya membawa kita pada kondisi mental yang kurang baik.
Dalam mengatasi hal itu, kita tidak bisa diam saja, ini yang bisa kita lakukan dalam mengatasi kesehatan mental di tempat kerja.
Baca Juga : Waduh, Sebuah Ciuman Nyaris Bikin Bayi Berusia 11 Hari Ini Meninggal!
1. Kenali Hak Anda
Adalah ilegal untuk mendiskriminasi seseorang yang memiliki penyakit mental.
Jika atasan memecat hanya karena kita memiliki penyakit mental, Sahabat NOVA harus tegas untuk menolaknya.
Perusahaan juga tidak bisa menolak promosi, atau memaksa untuk mengambil cuti jika kita memang tidak menginginkannya.
Baca Juga : Nyaris Tolak Peran Jadi Captain Marvel, Brie Larson Ungkap Alasannya
2. Jangan Menunggu
Tidak banyak dari karyawan yang melaporkan ke manajer atau pihak HR apabila mendapati lingkungan tempat mereka bekerja dapat menyebabkan stres.
Bukan hal yang tidak biasa jika manajemen tidak menyadari ada sesuatu yang salah sampai seseorang membuka suara.
Banyak orang bekerja dengan kapasitas 150 persen. Jika kapasitas itu turun, maka hanya diri sendirilah yang tahu, orang lain belum tentu memperhatikan.
Maka jika dirasa penting untuk membicarakan hal ini, bicaralah, kepada atasan atau pihak HR untuk mendiskusikannya.
(Baca Juga : Dikabarkan akan Dinikahi Ahok, Inilah 5 Fakta Bripda Cantik, Puput Nastiti Devi)
3. Minta Umpan Balik
Jangan menyatakan bahwa diri sedang dalam keadaan stres.
Hal ini seolah kita memanfaatkan keadaan itu untuk meminta dimaklumi.
Saat sedang berada dalam keadaan stres, ada baiknya kita bergerak maju.
Salah satu caranya dengan bertanya dan meminta umpan balik dari teman maupun atasan.
Menurut Dr. Holland, dilansir dari glamour.com, dengan bertanya dan meminta umpan balik mengenai pekerjaan yang sedang atau sudah dilakukan kepada atasan maupun rekan dapat menurunkan tingkat stres. (*)