Tak Sekadar Patung, Ini Isi dari Megahnya Patung GWK, Bikin Takjub!

By Healza Kurnia, Minggu, 23 September 2018 | 16:39 WIB
Para pengunjung ketika menikmati suasana Garuda Wisnu Kencana Cultural Park dengan background Patung GWK (RIZAL VAN NANI/NOVA)

NOVA.id - Usai diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu kemarin (22/9), seluruh elemen masyarakat Indonesia kini bisa berbangga dengan kehadiran Patung Garuda Wisnu Kencana.

Pasalnya, setelah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia dan dibuka secara resmi, pengunjung dapat menikmati galeri yang ada di dalam patung GWK setinggi 23 lantai.

Saat dihubungi NOVA beberapa waktu lalu, Marcomm Department of Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, Oktaviano Pratomo menjelaskan bahwa Patung GWK setinggi 121 meter ini dibangun di atas lahan seluas sekitar 60 hektar, tingginya melebihi patung Liberty di Amerika.

"Asal tahu saja, jika ditotal, proses pembuatan patung itu memakan waktu kurang lebih 28 tahun. Tak hanya itu, patung ini pun kini diklaim jadi patung dengan ukuran terlebar di dunia, yakni 64 meter," ujar dia.

Baca Juga : Anak Berusia 9 Tahun Ini Meninggal dalam Tidur, Apa Penyebabnya?

Pria yang akrab disapa Okta tersebut mengungkapkan bahwa pada 4 Agustus 2018 lalu, acara syukuran bertajuk Swadharma Ning Pertiwi digelar untuk merayakan penyelesaian pembuatan patung.

"Swadharma Ning Pertiwi berarti persembahan seseorang kepada tanah kelahirannya. Perayaan dan syukuran ini adalah peringatan terhadap perjuangan panjang Nyoman Nuarta sebagai pematung," jelasnya.

Nantinya, dari lantai paling tertinggi, kita dapat menyaksikan pantai Kuta, Sanur, Nusa Dua, hingga Tanah Lot.

“Bahkan, jika dalam keadaan cerah, dari balik jendela dan lubang yang ada di lantaitersebut bisa melihat pulau Lombok dan sekitarnya. Benar-benar pemandangan yang menakjubkan tentunya bagi para pengunjung, melihat Bali dari ketinggian seperti itu,” tambah Okta.

Baca Juga : Duh, 5 Kelakuan Soimah Ini Sukses Bikin Kesal Sekaligus Ngakak!