Kompetisi Seni Ukir Buah, Joni Purwantoro Tampilkan Kebudayaan Khas Yogyakarta

By Alsabrina, Sabtu, 29 September 2018 | 14:07 WIB
Joni Purwantoro dengan karyanya pada kompetisi fruit and vegetable carving di Chef Expo 2018 (dok. Nova.id)

NOVA.id – Kompetisi Fruit dan Vegetable Carving Professional Class dihelat pada Chef Expo 2018 berlangsung meriah. Salah satu di antaranya adalah Joni Purwantoro, asal Yogyakarta.

Joni, begitu ia disapa, langsung datang dari Yogyakarta ke Jakarta untuk mengikuti kompetisi. Hasil yang diraih pun tak sia-sia. Ia mendapatkan juara 3 untuk kompetisi Fruit dan Vegetable Carving Professional Class ini.

Fruit dan Vegetable Carving Professional Class sendiri memiliki tema kebudayaan nusantara. Sehingga, untuk Joni sendiri, ia menampilkan kebudayaan Jogja.

Baca Juga : Ulang Tahun, Soimah Unggah Foto Kocak di Instagramnya, Bikin Pangling!

“Tema dari panitia memang kebudayaan nusantara. Tapi, tidak semua orang membawakan budaya dari daerahnya. Kalau saya, ingin mengangkat kebudayaan Yogyakarta,” ujar Joni ditemui di Chef Expo 2018, Kemayoran, Jakarta (28/09).

Mengusung “Nguri-nguri Kabudayaan Jawi”, terlihat hasil karya dari Joni sangat kental dengan budaya khas Yogyakarta. Joni pun membuat batik kawung, topeng khas Jogja, dan dalang wayang dengan sangat detail.

Karya Joni Purwantoro di kompetisi fruit and vegetable carving (dok. Nova.id)

Tak hanya itu, agar semakin cantik dan menarik perhatian, karya Joni pun disisipkan lampu warna-warni dan musik khas Jawa.

Baca Juga : Mesra! Ini 6 Potret Adelia Pasha Temani Pasha Ungu Bertugas Jadi Wakil Wali Kota Palu