NOVA.id - Pekerjaan yang awalnya sangat menantang lama-kelamaan bisa terasa datar, lalu kita kehilangan semangat.
Lebih parahnya lagi, bila motivasi untuk semakin berkembang menjadi hilang dan performa menurun drastis.
Hm... bisa jadi itu pertanda kita sedang jenuh bekerja. Bagi karyawan, penyebab kejenuhan bekerja bisa sangat berbeda-beda lo!
Apa saja ya?
Baca Juga: Ambil Cuti Pada Hari Senin Ternyata Ada Manfaatnya lo! Ini 5 Keuntungannya
1. Gagal Mencapai Target
Kegagalan mencapai target berkaitan dengan rendahnya kepuasan diri dalam pekerjaan. Terlebih, bila kegagalan ini disertai teguran atasan yang telah berulang.
Lebih lanjut, hal ini bisa memicu timbulnya rasa kecewa dan pesimis pada karyawan.
Baca Juga: Inilah, 5 Hal Penting yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Resign dari Kantor
2. Lingkungan Tak Kondusif
Situasi tempat kerja sangat berpengaruh terhadap semangat karyawan.
Bisa jadi, kejenuhan ini dipicu lingkungan dan suasana kerja yang tidak mendukung.
Ini bisa disebabkan oleh karyawan dengan hubungan sosial yang kurang baik, merasa tak memiliki tim yang solid, atau perlakuan atasan yang tak menyenangkan.
Baca Juga: Jangan Terjebak! Bedakan Bos Ramah dan Bos Genit, Ini Caranya
3. Tak Sesuai Minat
Bisa jadi, seorang karyawan memasuki tempat kerja bukan karena pekerjaan itu sesuai dengan minatnya, melainkan karena keterpaksaan atau ketidaksengajaan.
Jika demikian, tak heran kejenuhan lebih rentan terjadi karena karyawan tersebut merasa tidak nyaman saat menghabiskan 8 jam kerjanya.
Baca Juga: Pintar Atur Uang, Ternyata Dana Darurat Lebih Penting daripada Investasi, Kenapa?
4. Kurang Motivasi
Motivasi dalam bekerja itu sangat dibutuhkan.
Jika Sahabat NOVA kurang mendapat dukungan dari rekan kerja, tim, atasan, atau bahkan diri sendiri, praktis kejenuhan ini lebih mudah hinggap.
Tim kerja yang solid, biasanya lebih menumbuhkan semangat dan motivasi dalam meraih target bersama-sama.
Baca Juga: Ternyata Belanja Barang Mewah Bisa Kurangi Rasa Percaya Diri, Kenapa?
5. Tak Seimbang
Ketidakseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi menjadi penyebab yang banyak terjadi.
Bayangkan jika kita sudah tak bisa bercengkarama dengan sahabat serta keluarga karena waktu sudah benar-benar habis untuk pekerjaan.
Saat kebutuhan untuk keluarga selalu tersisih oleh kepentingan kantor, ini bisa menjadi pemicu konflik dan membuat kondisi hati lebih tak tertata.
Bila perasaan hati tak kondusif seperti ini, hal-hal kecil pun bisa menjadi pemicu kejenuhan bekerja.
Nah, apabila sudah merasa ada tanda jenuh dalam bekerja, kita boleh lo, ajukan rehat sejenak. Kita bisa pergunakan cuti yang dipunya untuk beristirahat.
Baca Juga: 5 Cara untuk Kembangkan Bisnis Online agar Banyak Peminat, yuk Coba!
Lalu, jika yang belum memiliki cuti, boleh selingi dengan me time lainnya. Misalnya, menyeruput kopi di salah satu kafe sambil membaca buku untuk merelaksasi pikiran.
Selamat mencoba. (*)
KOMENTAR