NOVA.id – Memasuki era new normal, ada banyak perubahan yang terjadi dalam kehidupan kita.
Salah satunya, perilaku belanja kita yang semakin menggemari belanja online.
Berbagai kebutuhan dengan mudah bisa kita pesan lewat online, mulai dari kebutuhan pokok hingga barang-barang yang berkaitan dengan hobi kita.
Menariknya lagi, selama menjalani new normal dan banyak berkegiatan di rumah, kita jadi punya berbagai hobi baru
Berdasarkan tren pembelian konsumen di Lazada selama masa karantina mandiri, ada 5 hobi atau aktivitas yang banyak dilakukan di rumah dan akan jadi tren saat new normal.
Berkebun
Di awal masa PSBB, salah satu yang menjadi kendala adalah akses bahan makanan segar.
Jadi banyak yang mulai menyiasati dengan membuat kebun lahan terbatas sendiri (urban farming) di rumah dan akhirnya menjadi salah satu hobi yang paling diminati oleh masyarakat.
Baca Juga: Begini Nutrisi Ideal untuk Ibu Hamil di Era New Normal, Simak Pembahasannya!
Tanaman bumbu, sayur mayur, dan buah merupakan sebagian tanaman yang banyak dicari untuk pemenuhan kebutuhan pangan sekaligus menghias rumah.
Berbagai metode berkebun seperti sistem hidroponik, vertical garden, dan menanam dalam pot memungkinkan kita untuk melakukan aktivitas berkebun di lahan apapun, seperti pekarangan rumah, pagar, dinding rumah, bahkan dalam ruang rumah sekalipun.
Walaupun ada himbauan untuk tetap di rumah, kita tetap bisa menikmati keindahan alam dengan berkebun.
Baca Juga: Plastik Sekali Pakai Mulai Dilarang, 4 Jenis Tas Ini Bisa Jadi Alternatif yang Ramah Lingkungan
Mendekorasi rumah
Selain berkebun, mempercantik rumah dengan mendekorasi ulang atau menata ulang furnitur atau bahkan mengecat ulang dinding dengan warna-warna baru merupakan kebiasaan baru bagi banyak konsumen Indonesia.
Menurut data selama 3 bulan terakhir, terutama sejak pandemi di mulai, Lazada melihat adanya kenaikan transaksi di barang-barang dalam kategori seperti dekor rumah, pencahayaan dan juga kebutuhan elektronik untuk rumah tangga lainnya.
Baca Juga: Mengambil Madu dengan Sendok Logam Disebut Bisa Berbahaya untuk Tubuh, Begini Faktanya!
Dalam masa new normal ini, walaupun mobilitas banyak orang sudah mulai leluasa, tapi akan banyak juga yang memilih untuk tetap berada di rumah.
Banyak konsumen yang mengambil kesempatan untuk menghadirkan suasana baru di rumah dengan berbagai aksesoris dan juga perabotan rumah agar membuat rumah lebih nyaman, baik untuk belajar, bekerja, maupun untuk bercengkrama bersama keluarga.
Baca Juga: Jadi Netizen yang Baik yuk, Ini 3 Cara Tingkatkan Empati di Media Sosial
Memasak
Salah satu perubahan perilaku yang terjadi adalah bagaimana masyarakat mulai kembali ke masakan rumah.
Hal ini terlihat dengan adanya peningkatan jumlah transaksi di kategori perlengkapan dapur, peralatan makan, bahkan bahan-bahan pangan pokok dan segar seperti sayur mayur selama 3 bulan terakhir ini.
Baca Juga: Selain Sticker Animasi, Ini Fitur Baru WhatsApp yang Siap Dirilis
Dan tentunya banyak dari mereka yang mengandalkan kecanggihan perangkat elektronik mereka untuk mendapatkan berbagai tips, trik, dan juga resep masakan yang mereka sukai.
Oleh karena itu, Lazada melalui program Dapur Lazada di channel LazLive, menghadirkan berbagai tips, trik, dan juga resep masakan dari chef terkemuka.
Cara ini juga memungkinkan konsumen untuk dapat memiliki peralatan dapur yang mereka butuhkan dengan harga spesial dari banyak brand ternama dengan adanya berbagai voucher yang tersedia selama acara.
Baca Juga: Wow, Atasi Rambut Beruban Hanya dengan Gunakan Bawang Merah, Patut Dicoba!
Olahraga di Rumah
Tinggal di rumah selama PSBB bukan berarti melupakan kebugaran tubuh.
Menjaga kesehatan badan merupakan salah satu prioritas tertinggi selama masa pandemi.
Baca Juga: Tidak Butuh Kulkas Baru, Cukup Ikuti 6 Tips Gampang Ini, Dijamin Bisa Langsung Ngirit Daya Listrik
Banyak konsumen yang mulai membuat gym pribadi di rumah agar tetap dapat berolahraga dengan maksimal.
Peralatan olahraga seperti barbel, resistance bands, yoga mat adalah beberapa peralatan populer dan banyak dicari dan dibeli dalam kategori alat-alat olahraga di Lazada.
Baca Juga: Rekomendasi Film dan Serial Action di Viu, Cocok Buat Teman Weekend!
Gaming
Absennya kegiatan nge-mall dan hangout di coffee shop membuat banyak konsumen beralih ke gaming sebagai entertainment utama dalam menghalau kebosanan.
Hal ini didukung oleh WHO dengan kampanye Play Apart Together yang baru-baru ini diluncurkan, di mana bermain game bersama teman secara online sangat dianjurkan untuk menjaga kondisi mental dan mengusir kebosanan selama masa karantina di rumah.
Oleh karena itu, tidak sedikit yang mulai melihat gaming sebagai salah satu hobi atau bahkan menjadi sebuah pilihan profesi di masa depan.
Baca Juga: Nonton Keindahan Indonesia Lewat Rekomendasi Tayangan Netflix Ini
Hal ini yang kemudian menjadi sebuah dasar dukungan Lazada terhadap salah satu tim eSport profesional di Indonesia, EVOS eSports.
Kolaborasi antara EVOS eSports dengan Lazada, memungkinkan para penggemar eSports untuk mendapatkan berbagai merchandise resmi di laman EVOS Official Store di Lazada.
Tak hanya itu, para penggemar eSports memiliki kesempatan untuk menjadi salah satu atlet profesional eSport melalui ajang terbuka Lazada x EVOS Pro Player Hunt yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di kawasan Asia Tenggara.
Baca Juga: Mulai dari Tips Meal Planning hingga Inspirasi Bisnis Kuliner, Jangan Lewatkan Rangkaian Acara Ini!
Pecinta eSports juga dimanjakan dengan berbagai perlengkapan gaming, seperti konsol, smartphone, atau bahkan digital goods untuk kebutuhan bermain mereka.
Selain 5 hobi ini, adanya new normal hadirkan juga kebiasaan baru dalam banyak aktivitas utama konsumen seperti belanja, bekerja, mencari hiburan, bahkan belajar, sehingga perangkat elektronik yang memadai juga menjadi sebuah kebutuhan yang penting dalam hal penunjang aktivitas.
Melihat tren belanja tersebut, Lazada menghadirkan kampanye Lazada Mid Year Super Sale.
Baca Juga: Viral Jamur Enoki Sebabkan Wabah Listeria, Ini Cara Aman Penyajiannya dari Ahli Gizi
Kampanye dengan tema #PilihCeritamu ini digelar untuk mendukung hobi dan aktivitas baru konsumen yang digelar sejak tanggal 7-9 Juli 2020.
Selama tiga hari kita bisa mendapatkan produk-produk original berkualitas dari berbagai brand favorit dengan harga harga banting mulai dari Rp3.000.
Monika Rudijono, Chief Marketing Officer Lazada Indonesia mengatakan, “Lazada melihat konsumen yang awalnya hanya berbelanja untuk memenuhi kebutuhan harian, kini juga memiliki minat untuk belajar hal baru, sehingga mulai bermunculan hobi-hobi atau aktivitas yang akan menjadi tren di era new normal.”
Baca Juga: Fintech Gunakan Data Pribadi Konsumen Ojek Online, Ini Tips Aman untuk Kita!
Ia melanjutkan, “Melalui Lazada Mid Year Super Sale konsumen dapat mendapatkan berbagai produk berkualitas dengan harga banting, tidak hanya untuk kebutuhan sehari-hari, tapi juga untuk penunjang kebiasaan baru tersebut.”
Menurut Monika, memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumen, selalu menjadi komitmen Lazada.
Baca Juga: Dijuluki Superfood, Inilah Segudang Manfaat dari Avokad yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh
“Dengan digelarnya kampanye Lazada Mid Year Super Sale dengan tema #PilihCeritamu, kami mengajak konsumen untuk meneruskan kebiasaan baru di era ‘New Normal’ dan berharap dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa perlu keluar rumah. New normal, cara hidup baru, dan ke‘bisa’an baru,” tutup Monika.
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)
Penulis | : | Dionysia Mayang Rintani |
Editor | : | Dionysia Mayang Rintani |
KOMENTAR