NOVA.id – UMKM dan IKM di Indonesia sedang menjadi sorotan di tengah pandemi virus Covid-19.
Seperti yang kita tahu, UMKM dan IKM di Indonesia yang mencapai 64 juta telah menjadi salah satu penggerak perekonomian Indonesia.
Produk unggulan mereka berupa kerajinan telah berkontribusi sekitar 60.34% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada tahun 2018. Sekaligus menyerap 116 juta tenaga kerja atau sekitar 97.02% dari total pekerja di Tanah Air.
Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun ke-15, Mothercare Indonesia Berikan Diskon Gede-gedean hingga 50 Persen
Sayangnya hingga saat ini para pelaku UMKM maupun IKM masih sangat minim dalam memanfaatkan media pemasaran, dalam hal ini adalah marketplace.
Apalagi melihat perkembangan industri digital di era revolusi industri 4.0.
Ditambah lagi dengan kondisi pandemi covid-19 yang menuntut masyarakat melakukan kegiatan secara online, yang salah satunya adalah berbelanja.
Baca Juga: Bantu Penuhi Gizi saat Pandemi Covid-19, Sunpride Adakan Donasi Buah
Atlet New Balance Triyaningsih Berhasil Taklukan Kompetisi TCS New York City Marathon 2024
Penulis | : | Tentry Yudvi Dian Utami |
Editor | : | Widyastuti |
KOMENTAR