NOVA.id - Untuk kelima kalinya, PT Unilever Indonesia Tbk merealisasikan kegiatan sosial tahunan Gerakan Masjid Bersih.
Gerakan Masjid Bersih (GMB) bersama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) ini dilakukan demi mewujudkan masjid yang nyaman dan aman, khususnya di masa new normal.
Pada tahun ini, Unilever melakukan Gerakan Masjid Bersih melalui Sahaja, brand yang memberikan perlindungan higienis untuk rumah dan seluruh anggota keluarga, yang mengusung nilai-nilai islami.
Baca Juga: PT Unilever Indonesia Luncurkan Rangkaian Produk Perawatan Rumah Halal
Unilever Indonesia dan DMI menargetkan 30.000 masjid tetap higienis dan terjaga di bulan Ramadan tahun ini.
Direktur Human Resources PT Unilever Indonesia, Willy Saelan mengatakan, tujuan gerakan ini adalah untuk menjaga higenitas masjid dengan mendonasikan puluhan ribu perangkat kebersihan sekaligus mengedukasi masyarakat, khususnya para Marbut sebagai garda terdepan penjaga rumah ibadah, khususnya di wilayah masjid.
“Walaupun harus menjalani Ramadan dengan situasi yang berbeda, kerinduan untuk beribadah di masjid kini dilakukan dengan sejumlah penyesuaian. Penerapan protokol kebersihan dan kesehatan menjadi sebuah keharusan untuk dipatuhi oleh jamaah," ujar Willy.
Baca Juga: UMKM Bisa Dapat Bantuan Tambahan Modal Kerja dari Unilever, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi
"GMB merupakan salah satu bentuk nyata dari komitmen kehadiran Unilever Muslim Centre of Excellence (MCOE) yang kami luncurkan pada awal bulan ini, dimana salah satu komitmen kami adalah mewujudkan komunitas muslim yang lebih sehat dan sejahtera melalui rangkaian program pengembangan ekonomi syariah, pemberdayaan masyarakat, serta edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” sambungnya.
Diketahui, Gerakan Masjid Bersih telah menjangkau lebih dari 100.000 Masjid di Indonesia sejak tahun 2017.
Ketua Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Bidang Sosial & Kemanusiaan, Andi Mappaganty mengapresiasi kerjasama DMI dan Unilever yang secara konsisten telah terus dijalankan, dan memberi dampak bagi kemaslahatan umat.
Baca Juga: Pernyataan Resmi dari PT Unilever Indonesia Tbk Terhadap Kasus Pailit Teh Celup Sariwangi
"Dengan sekarang masjid sudah kembali dibuka dengan segala penyesuaian, saya menghimbau masyarakat untuk dapat beribadah namun tetap memastikan keamanan diri masing – masing dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku," tambah Andi.
Melalui brand Sahaja, Gerakan Masjid Bersih tahun ini melibatkan berbagai pihak untuk memberikan dampak positif yang lebih luas melalui serangkaian kegiatan.
Pertama, dengan pembelian produk Sahaja, konsumen secara otomatis men-shadaqahkan 2,5% dari penjualan besih, dan akan langsung disalurkan ke BAZNAS untuk berbagai kegiatan sosial, termasuk menjaga higienitas masjid.
Baca Juga: Atasi Kulit Kering Selama Jalani Puasa dengan Hal Ini Menurut Ahli
Lihat postingan ini di Instagram
Gerakan ini juga sekaligus memanfaatkan platform digital, melalui aplikasi KESAN dari komunitas Nahdatul Ulama, untuk mengedukasi masyarakat terkait penerapan protokol kebersihan.
Kemudian, selama bulan Ramadhan, Sahaja menggandeng Shopee sebagai mitra e-commerce resmi, untuk mengajak masyarakat ambil bagian dalam kegiatan GMB, dengan cara membeli paket Sahaja GMB.
Hasil dari kegiatan ini nantinya akan langsung disalurkan ke DMI sebagai salah satu bentuk shadaqah di bulan Ramadhan.
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)
Penulis | : | Presi |
Editor | : | Dionysia Mayang Rintani |
KOMENTAR