NOVA.id – Salah satu marketplace besar di Indonesia baru saja berulang tahun.
Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI, Tokopedia merayakan juga hari jadinya yang ke-12.
Selama 12 tahun berdiri, Tokopedia menyebut terus memberi dukungan kepada jutaan UMKM dan program digitalisasi pasar tradisional.
Baca Juga: Begini Cara Investasi Emas Online di Tokopedia, Simak Langkahnya
Leontinus A. Edison, Co-Founder dan Vice Chairman Tokopedia beragam inisiatif dilakukan Tokopedia untuk mendukung pegiat usaha lokal di Indonesia.
“Khususnya UMKM lokal di berbagai penjuru dengan inisiatif UMKM, salah satunya hyperlocal,” kata Leo dalam diskusi virtual, Senin (16/8).
Wujud inisiatif hyperlocal yang dimaksud di antaranya digitalisasi pasar tradisional.
Baca Juga: Wah! BTS dan BLACKPINK Dipersatukan di WIB TV Show, Catat Jadwalnya!
Selama Kuartal II/2021, Tokopedia melihat daerah yang mengalami peningkatan jumlah pembeli paling signifikan, di antaranya Palembang, Semarang, Malang, Makassar, dan Papua.
Leo menjelaskan, upaya Tokopedia selama belasan tahun ini telah membawa lebih dari 1% perekonomian Indonesia berlangsung di atas Tokopedia.
“Saat ini, sudah ada lebih dari 11 juta penjual yang hampir 100%-nya UMKM dan lebih dari 100 juta pengunjung bulanan. Layanan kami juga sudah menjangkau 99% kecamatan di Indonesia,” tambah Leontinus.
Baca Juga: Cara Cerdas Jualan Hingga Untung Dua Kali Lipat dengan Mitra Tokopedia
Leo melanjutkan, di momen ulang tahun Tokopedia kali ini pihaknya menghadirkan serangkaian inisiatif spesial untuk mempermudah masyarakat.
“Sekaligus memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung dan menginspirasi Tokopedia dalam berkarya untuk Indonesia,” ungkap Leo.
Beberapa program dijalankan Tokopedia untuk merayakan hari ulang tahunnya, ini di antaranya:
Baca Juga: Survei Buktikan Mitra Tokopedia Bikin Cerdas Jualan dan Berhemat
1. Waktu Indonesia Belanja (WIB) Traktiran Ulang Tahun Tokopedia
Kita dapat menikmati beragam penawaran menarik, seperti Bebas Ongkir dan Cashback Spesial hingga 100% untuk berbagai produk pada 17-31 Agustus 2021.
Ada pula traktiran pengguna baru yang menawarkan berbagai macam produk dengan harga Rp0!
Festival belanja bulanan Tokopedia WIB, sukses mendorong peningkatan transaksi toko lokal. Misalnya produsen cokelat dalam negeri, Krakakoa yang mencatat peningkatan hingga 2x lipat sejak mengikuti WIB.
Baca Juga: Sebanyak 87 Faskes Terima Donasi Seri 3 dari Pengguna Tokopedia
2. Gebyar Koleksi Spesial
Tokopedia akan menghadirkan produk eksklusif, dari sejumlah merek lokal yang berpartisipasi.
Pada kampanye gebyar koleksi spesial ini, ada beberapa merek usaha lokal yang turut memberikan produk lokal eksklusif.
Di antaranya seperti Wearing Klamby, Smith Berlin, Compass dan masih banyak yang lainnya lewat halaman Gebyar Koleksi Spesial.
Baca Juga: Tokopedia Play Fest Dorong Pelaku UMKM Tetap Semangat Berkarya di Masa New Normal
3. Hadirkan BTS
Untuk memeriahkan WIB Traktiran Ulang Tahun Tokopedia, ada penampilan artis lokal dan internasional di WIB TV Show kemarin.
WIB TV Show Spesial Traktiran Ulang Tahun Tokopedia telah disiarkan 17 Agustus 2021 di beberapa stasiun TV, serta Tokopedia Play, dan YouTube Tokopedia.
Pada WIB TV Show itu, Tokopedia menampilkan penyanyi papan atas lokal maupun internasional, seperti Project Pop, NCT Dream, bahkan salah satu brand ambassador Tokopedia, yaitu BTS.
Baca Juga: Rayakan Hari Jadi ke-11 dan Hari Kemerdekaan RI, Tokopedia Hadirkan Tokopedia Play Virtual
4. Kolaborasi Donasi Sembako
Sebagai bagian dari kampanye #BangkitBersama, Tokopedia menghadirkan donasi sembako.
Di dalam pembagian donasi sembako ini, Tokopedia berkolaborasi dengan para penjual, pembeli, karyawan dan mitra strategis lainnya untuk berdonasi dalam bentuk sembako.
Nantinya, sembako ini akan disalurkan kepada tenaga medis, masyarakat prasejahtera, dan pekerja sektor informal yang terdampak pandemi.
View this post on Instagram
5. Dari Nakama untuk Nakes
Tidak hanya itu, Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) pun turut memberikan apresiasi kepada tenaga kesehatan yang berjuang merawat pasien Covid-19.
Nakama akan menginisiasi pemberian hampers berisi vitamin, suplemen, dan perawatan diri di sejumlah rumah sakit di Indonesia.
Jangan lewatkan keseruan perayaan ulang tahun Tokopedia ke-12, lewat promo menarik dan WIB TV Show.
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)
Penulis | : | Yunus |
Editor | : | Dionysia Mayang Rintani |
KOMENTAR