NOVA.id – Bagi seorang pebisnis produk yang dijual bisa laris manis adalah impian, makanya harus tahu trik meningkatkan penjualan.
Trik meningkatkan penjualan tentu ada beragam caranya.
Namun yang pasti trik meningkatkan penjualan ini harus menunjang kepuasan pelanggan terhadap kualitas produk dan pelayanan, termasuk dalam hal bertransaksi.
Nah, upaya ini juga dilakukan oleh Najla Bisyir, Owner & Founder Bittersweet by Najla, sebuah bisnis kue dengan gaya dessert box.
Bisnis yang dirintis sebagai bisnis rumahan pada tahun 2016, kini telah sukses mencuri perhatian para pecinta makanan manis dan berhasil menjadi pelopor konsep dessert box di Indonesia.
Dengan konsep tersebutlah yang berhasil mengantarkan Najla hingga memiliki sembilan gerai Bittersweet by Najla dan ratusan reseller yang tersebar di 40 kota di Indonesia.
Setelah berhasil mengembangkan bisnisnya selama tujuh tahun, ia mengaku bahwa kepuasan pelanggan adalah kunci utama untuk memastikan bisnisnya dapat bertahan dan terus berkembang.
Kepuasan tersebut tidak hanya datang dari kualitas produk yang terus ia tingkatkan, tetapi juga melalui bagaimana pelanggan merasa diuntungkan saat melakukan pembayaran.
Ia menuturkan jika di awal bisnisnya ia melakukan promosi melalui media sosial dan mengarahkan pelanggannya untuk melakukan transfer pada saat pembayaran.
Baca Juga: Tips Pintar Atur Uang Bisnis ala Najla Bisyir, Sukses Kembangkan Bittersweet by Najla
Sayangnya, banyak pelanggan yang mengeluh karena harus membayar biaya admin.
“Saya merasa perlu memberikan kemudahan bertransaksi melalui metode pembayaran yang efektif dan menguntungkan bagi pelanggan saya. Salah satunya dengan fitur Transfer ke Bank dari ShopeePay yang bisa menjadi solusi praktis pelanggan untuk transfer ke berbagai akun bank langsung sampai, tanpa biaya admin dan tanpa batas kuota transfer. Sehingga membantu mereka (konsumen, red.) berhemat,” kenang Najla.
Lebih lanjut, melalui unggahan video di akun Instagramnya @alabisyir, Najla membagikan tiga trik meningkatkan penjualan bisnis dengan memaksimalkan kepuasan pelanggan dari berbagai aspek.
Berikut tiga trik meningkatkan penjualan ala Najla Bisyir.
1.Kenali kebutuhan dan ketertarikan pelanggan
Sebagai pelaku bisnis, memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen melalui riset pasar menjadi landasan penting dalam mempertahankan sebuah bisnis.
Cobalah untuk mencar tahu apa yang sedang tren, apa yang banyak dicari dan disukai masyarakat, setelah itu lihat seberapa besar peluangnya untuk dikembangkan.
“Kami selalu mencoba berkreasi dari tren yang sedang populer di masyarakat dengan menghadirkan varian rasa yang beragam tetapi tetap tepat sasaran. Dengan berbagai varian yang ada, tentunya perlu untuk terus mempertahankan kualitas produk sebagai prioritas utama agar produk yang kita jual dapat memberikan kesan positif di hati para pelanggan,” jelas Najla.
2.Konsisten dalam memberikan promo spesial
Baca Juga: 4 Cara Bikin Konten Makanan yang Menggugah Selera, Bisa Pakai Kamera HP!
Ketika sudah memahami kebutuhan pelanggan dan menciptakan produk yang sesuai dengan target pasar, memberikan keuntungan melalui berbagai promo menarik juga dapat menjadi kunci menjaga kepuasan pelanggan.
“Selama saya menjalani bisnis, transaksi paling ramai ada pada saat kita memberikan promo spesial bagi para pelanggan. Pelanggan biasanya cenderung mencari banyak cara untuk bisa menghemat uang mereka, sehingga mereka lebih memilih berbelanja di tempat yang memberikan penawaran yang tidak hanya menarik, tapi juga terbaik bagi mereka,” jelas Najla.
Selain itu, masih menurut Najla, promo juga bisa memberikan manfaat bagi bisnis itu sendiri dalam meningkatkan transaksi penjualan dan dapat meningkatkan kesetiaan para pelanggan terhadap produk jika konsisten dilakukan secara berkala
3.Hadirkan kemudahan dan keuntungan dalam bertransaksi
Melihat banyaknya jumlah konsumen yang gemar berbelanja di ranah digital dan masih sering mengandalkan layanan transfer bank dalam melakukan transaksi.
Maka pelaku usaha harus jeli dalam mengambil kesempatan untuk menghadirkan kemudahan dan keuntungan bagi pelanggannya.
“Kemudahan dan kenyamanan yang dihadirkan fitur Transfer ke Bank dari ShopeePay menjadi solusi ekonomis bagi para pelaku bisnis untuk semakin meningkatkan penjualan dan produktivitasnya. Bagi saya pribadi, fitur ini memudahkan operasional bisnis sehingga saya lebih leluasa dalam melakukan pembayaran ke beberapa vendor tanpa biaya admin,” tutup Najla.
Semakin menguntungkan, pengguna ShopeePay kini berkesempatan mendapatkan bonus dengan jumlah total Rp7 miliar melalui kampanye yang kini berlangsung hingga 3 Juli mendatang.
Jadi itulah tiga trik meningkatkan penjualan ala Najla Bisyir, Founder Bittersweet by Najla yang bisa Sahabat NOVA lakukan.
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)
Atlet New Balance Triyaningsih Berhasil Taklukan Kompetisi TCS New York City Marathon 2024
Penulis | : | Maria Ermilinda Hayon |
Editor | : | Alsabrina |
KOMENTAR