NOVA.id - Brand fashion Indonesia yang mendunia ini, berangkat dari lima perempuan kreatif dengan berbagai profesi yang ingin membuat sebuah karya. Kebetulan mereka tinggal di Singapura dan saat pandemi hanya boleh bertemu berlima, sehingga muncullah ide tersebut.
Adalah Laila Azra, Devi Asmarasi, Nazli Basuki, Natasya Mahidi, dan Fransisca Siregar, yang pada Oktober 2021 lalu berhasil mewujudkan keinginan tersebut dengan membentuk Elima, sebuah brand fashion ready to wear.
“Daripada kita cuma ngumpul-ngumpul enggak jelas, ya kita bikin Elima ini,” kata Laila. Kebetulan Laila sendiri sudah memiliki brand fashion bernama Studio A, dengan ciri lukisan pada busananya.
Elima bisa terbangun karena adanya kesamaan nilai yang dianut oleh kelima perempuan ini.
“Kita, kan, lima-limanya ibu-ibu, ya. Badan sudah tidak sempurna. Jadi penginnya, kayak aku bisa pakai semua. Jadi cocok dipakai sama real women real bodies,” jelas Laila.
Kata "Elima" sendiri diambil dari bahasa Hawai yang berarti lima.
Melenggang di Paris
Walaupun terbilang baru, Elima sudah menunjukkan giginya sebagai fashion Indonesia yang mendunia. Koleksi kedua, yang diberi tajuk “Nusantara” sudah tampil di fashion show Paris, bersamaan dengan Paris Fashion Week pada April 2022 lalu.
Awalnya mereka tidak melibatkan fashion designer. Namun saat ingin berangkat ke Paris inilah mereka merasa perlu ada desainer yang dapat mewujudkan ide-ide mereka ke dalam teknik pembuatan busana yang lebih profesional. Karena itu mereka menggandeng Wilsen Willim, seorang fashion designer.
Koleksi busana yang sudah tampil di Paris itu, diperkenalkan di Tanah Air melalui peragaan busana yang dilangsungkan pada 2 November 2022 lalu, berlokasi di Leon Goldstein, Jakarta Selatan.
Baca Juga: Menilik Brand Lokal yang Penuh Inspirasi hingga Berhasil Tampil di Paris dengan Memperkenalkan Tenun
“Nusantara kami hadirkan di Jakarta, Indonesia ini untuk memberikan kesempatan kepada pecinta fashion melihat langsung koleksi-koleksi Elima yang merupakan masterpiece dari para seniman di belakangnya, yaitu Laila Azra dan Wilsen Willim,” tutur Devi Asmarasari.
Angkat Esensi Nusantara
Mengapa menggunakan nama “Nusantara” untuk koleksi keduanya?
“Terus terang saja, kita pengin ngasih sesuatu tentang Indonesia. Tapi kita tidak ingin terlalu tradisional. Jadi kita ambil esensinya saja,” jelas Laila. Itulah alasan tema warna-warna earth yang natural digunakan dalam koleksi Nusantara ini.
Untuk peragaan busana di Jakarta ini, tak hanya menampilkan koleksi yang sudah melenggang di Paris. “Yang membedakan kali ini adalah kita menambahkan lagi koleksi terbaru dari Nusantara. Ada sekitar 5 koleksi baru yang akan dibawakan hari ini,” kata Natasya Mahidi dalam rilisnya.
Dalam koleksi Nusantara ini, dipilih material dengan mengutamakan kenyamanan, ringan, serta mampu menonjolkan bentuk tubuh pemakainya. Koleksi ini dapat dikenakan dalam berbagai situasi, baik formal maupun santai.
Laila yang dikenal dengan doodle-nya, juga menerapkan doodle di koleksi Nusantara ini, yang diwujudkan dalam bentuk bordiran.
Dari mana, sih, inspirasi doodle-nya? Doodle pada koleksi Nusantara ini sebenarnya diambil oleh Laila dari koleksi pertama. Ia mendapatkan inspirasinya ketika sedang berada di pantai bersama keempat rekannya di Elima. Setelah digambar, kemudian di-print di atas kain.
Baru Bukan Berarti Jelek
Sebagai salah satu pemilik brand fashion baru, Laila memberi motivasi untuk para perempuan yang ingin memulai bisnis. “Kamu mesti berbuat sesuatu dalam hidupmu. Kalau punya kesempatan, gunakanlah.”
Baca Juga: Melihat Kilas Balik JFW 2023, Jenna&Kaia, HijabChic dan naPocut Hadir dengan Tema Woman in Rhythm
Dan “baru” menurut Laila, bukan berarti jelek. Kita justru bisa mendapatkan feedback yang berguna untuk menentukan kita harus seperti apa ke depannya.
Tentu tidak mudah. Tim Elima sendiri, menurut Laila, dalam menggabungkan ide-idenya penuh dengan up and down.
“Tapi karena kita kebetulan cocok saja, ya, satu value, semua perbedaan itu kita cocok-cocokinlah.”
Saat ini, produk Elima bisa didapat melalui online shop-nya www.elimadiary.com. Tersedia dalam ukuran S sampai XL, produk Elima bisa dibeli dengan harga Rp300.000 sampai Rp5 juta. item-nya sendiri mencakup blazer, outer, beep, celana panjang, celana pendek, juga kaftan.
Setelah koleksi kedua ini, Elima sudah siap dengan koleksi berikutnya, yang rencananya akan hadir sebelum Ramadan tahun depan. Tentu dengan eksplorasi desain yang berbeda. Bocorannya, sih, mereka akan hadir dengan konsep mengarah ke dark.
Dan, tim Elima juga sudah merencanakan untuk membuka toko offline di Jakarta. Pasti menyenangkan bisa melihat langsung koleksi fashion Indonesia yang mendunia ini. Kita tunggu saja kehadirannya.
Penulis | : | Made Mardiani Kardha |
Editor | : | Made Mardiani Kardha |
KOMENTAR