NOVA.id - Networking merupakan salah satu hal penting yang bisa mengembangkan bisnis kita.
Dengan networking, sebuah bisnis bisa mendapat dukungan modal, peluang kerja sama, hingga membuka peluang lainnya yang berdampak positif.
Lantas, bagaimana cara membangun networking untuk kepentingan bisnis atau dunia kerja?
1. Cari kesamaan minat
Menurut Marketing dan Brand Manager Titipku, Fauzi Rahadian Yusuf, salah satu strategi agar proses networking berjalan lancar adalah dengan membuat pihak lain engage.
Nah, agar orang lain bisa engage, menurut Fauzi, kita perlu perlu mencari kesamaan minat atau interest dengan orang atau pihak yang dituju.
Namun, kita perlu melakukan riset atau observasi terlebih dahulu tentang interest orang yang akan diajak berjejaring.
Sehingga, ketika bertemu, komunikasi bisa berjalan lebih efektif, efisien, dan menghemat waktu kedua belah pihak.
“Kita biasanya menyebut sebagai kontraprestasi. Ini adalah kondisi di mana kita bisa membawa sesuatu yang bisa ditawarkan ke pihak lain dan meminta sesuatu dari pihak lain tersebut, namun dalam batasan interest yang sama tadi,” ujar Fauzi dalam forum workshop dan diskusi daring bertajuk Benefit in Networking for Startups, Jumat (11/11) malam.
2. Komunikasi
Setelah berhasil engage, perlu juga adanya komunikasi untuk memelihara networking yang dibentuk.
Baca Juga: Dengan 4 Cara Jitu Ini, Networking akan Lebih Mudah bagi Introvert!
Ternyata Ini Usia Ideal si Kecil Pisah Kamar dan Cara Agar Anak Mau Tidur Sendiri
KOMENTAR