NOVA.id – Usaha Korean street food memang lagi jadi usaha yang menjamur belakangan ini. Usaha ini bisa banget dijadikan sumber penghasilan tambahan.
Sahabat NOVA pasti senang mencicipi Korean street food seperti kimbab, tteokbokki, kimci, rabokki, hingga jajangmyeon.
Daripada hanya menghabiskan uang untuk jajan, kenapa tidak buka usaha Korean street food saja di rumah?
Usaha Korean street food masih memiliki peluang yang menguntungkan, karena makanan asal negeri ginseng tersebut terbilang cocok dengan lidah masyarakat Indonesia.
Tertarik untuk membuka usaha kuliner jajanan Korea? Berikut ini beberapa hal yang perlu Sahabat NOVA ketahui untuk menjalankan usaha ini.
1. Siapkan modal
Modal untuk membuka usaha Korean street food bisa berkisar Rp3-Rp9 juta. Modal ini bisa disesuaikan dengan jenis makanan yang akan kita jual.
Modal tersebut juga sudah mencakup pembelian gerobak, kompor gas kecil, alat masak, bahan makanan dan lain-lain.
2. Riset dan tentukan konsep
Lakukan riset pasar untuk mengetahui permintaan dan preferensi konsumen terhadap makanan Korea di daerah rumahmu.
Baca Juga: Mau Dapat Penghasilan Tambahan dengan Jadi Dropshipper Tokopedia? Ketahui Syarat Barunya!
Setelah itu, kita bisa menentukan konsep yang ingin dijalankan. Apakah ingin fokus pada satu jenis makanan seperti tteokbokki atau bibimbap, atau ingin menawarkan berbagai macam makanan Korea lainnya.
3. Tentukan lokasi
Pilih lokasi yang strategis untuk berjualan Korean street food.
Jika ingin berjualan di rumah, pastikan kamu memiliki ruang yang cukup untuk gerobak.
Sahabat NOVA juga bisa berjualan di sekolah-sekolah atau pabrik yang dekat dengan area rumahmu.
4. Pasang harga yang ramah
Jajanan gerobakan terkenal dengan harga-harga yang murah. Kita bisa mematok harga yang tak terlalu mahal sesuai target pasar.
Berikan promo menarik saat membuka usahamu untuk menarik pelanggan.
Baca Juga: Cara Berbisnis Air Mineral Isi Ulang Aqua untuk Penghasilan Tambahan
5. Buat branding dan promosi
Buat branding yang menarik seperti nama, logo, dan desain kemasan yang mencerminkan konsep Korean street food milikmu.
Buat promo yang menarik di media sosial dan lakukan strategi pemasaran yang efektif.
6. Jualan online
Manfaatkan aplikasi bisnis atau e-commerce untuk memasarkan usaha secara online agar bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas.
Jangan lupa untuk selalu berpikiran optimis setiap kita ingin menjalankan usaha, ya. Pasalnya, setiap usaha akan menemukan berbagai faktor yang bisa memengaruhi kesuksesan usahamu. (*)
Sebagian dari artikel ini dibuat dengan bantuan kecerdasan buatan (artificial intelligence - AI).
Penulis | : | Annisa Octaviana |
Editor | : | Annisa Octaviana |
Artikel ini merupakan bagian dari Lestari, program KG Media yang merupakan suatu rencana aksi global, bertujuan untuk menghapus kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.
KOMENTAR