NOVA.id – Saat ini banyak orang menggunakan TikTok sebagai media untuk berjualan.
Untuk para pelaku usaha rumahan kecil-kecilan, tentu ini sangat membantu untuk mengembangkan usaha.
Meski begitu, tak sedikit dari pelaku usaha rumahan yang merasa kesulitan dalam mempromosikan barang jualannya.
Boro-boro mau menaikan penjualan, mendapat satu pembeli saja mungkin cukup sulit.
Jika ini yang Sahabat NOVA alami, maka perlu memperbaiki trik promosi usaha rumahan kita di TikTok.
Salah satu pelaku usaha pemilik brand SarungBatik Store asal Pekalongan, Jawa Tengah punya trik promosinya untuk Sahabat NOVA.
Apa saja?
SarungBatik Store menjajakan sarung khas Indonesia yang dirancang dnegan motif khas dan sering dipadukan dengan batik.
SarungBatik_store mulai mencoba untuk menggunakan platform TikTok di tahun 2022.
Rahasianya cepat mengembagkan bisnis dan meningkatkan penjualan adalah dengan memanfaatkan fitur promosi seperti kampanye yang disesiakan oleh TikTok.
“Hampir 90 persen pendapatan SarungBatik_store berasal dari promosi di platform TikTok. Kami bersyukur karena melalui platform ini kami tidak hanya memberikan peluang bagi saya selaku pemilik usaha tetapi juga membuka lapangan pekerjaan dengan memberdayakan tenaga lokal di Pekalongan, Jawa Tengah, yang juga menggeluti industri usaha batik,
Baca Juga: Tips Konsisten Bikin Konten Hingga Tembus Jutaan Views dari Cici Konten
termasuk pihak sablon dan konveksi. Untuk segi desain tim TikTok juga memberi dukungan berupa bantuan rekomendasi desain untuk produk kami yang bekerja sama dengan Institut Seni Indonesia,” ungkap Ali, pemilik brand SarungBatik_store.
Baru-baru ini, ada kampanye #MelokalDenganBatik yang dibuat oleh TikTok dan Tokopedia.
Kampanye ini pun dimanfaatkan oleh SarungBatik_store untuk meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar.
1.Meningkatkan intensitas Live
Langkah pertama yang dilakukan SarungBatik adalah meningkatkan intensitas live dari 3 jam menjadi 6 jam per hari, menghadirkan interaksi yang lebih lama dan lebih dekat dengan audiens.
2.Gencar prosuksi konten
Tak hanya itu, SarungBatik_store juga gencar memproduksi konten video pendek dengan total hampir 20 video diunggah selama periode kampanye, menampilkan berbagai produk dan informasi menarik seputar sarung batiknya.
3.Mulai kolaborasi
Memanfaatkan momen ini, SarungBatik juga berkolaborasi dengan TokoMamaGigi, kanal TikTok yang dikelola oleh Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.
Hal ini bertujuan untuk mempromosikan produknya di mana SarungBatik berhasil mendapatkan audiens yang lebih banyak daripada sebelumnya.
Pendekatan melalui strategi konten yang inovatif dan kolaborasi yang strategis telah membuahkan hasil yang signifikan.
Baca Juga: Lagi Viral di TikTok, Resep Milk Bun Thailand, Manis Lembut Ala Toko Roti
Penjualan SarungBatik_store melonjak sebesar 75 persen dibandingkan bulan sebelumnya.
Hasil ini menegaskan bahwa strategi konten yang tepat dan efektif merupakan kunci kesuksesan dalam mempromosikan usahanya melalui platform digital seperti TikTok.
Pendekatan inovatif melalui strategi konten dan kolaborasi strategis ini menegaskan pentingnya memilih strategi promosi yang efektif dalam era digital.
Melalui platform seperti TikTok, usaha lokal seperti SarungBatik_store mendapatkan kesempatan untuk bersaing di pasar yang lebih luas dengan menggunakan konten kreatif dan kolaborasi yang menarik.
Hasil positif ini menunjukkan bagaimana kerjasama antara TikTok dan Tokopedia dapat membantu UMKM lokal menjangkau pasar yang lebih luas dan mencapai kesuksesan.
Jadi itulah trik promosi usaha rumahan di TikTok dan meningkatkan penjualannya, langsung praktikan ya Sahabat NOVA. (*)
Penulis | : | Maria Ermilinda Hayon |
Editor | : | Maria Ermilinda Hayon |
KOMENTAR