TabloidNova.com - Setelah pekan lalu memperkenalkan secara resmi ajang The New9Wonderful di Galeri Indonesia Kaya, Forum Indonesiaku berencana akan meluncurkan ajang ini kembali ke masyarakat umum akhir Mei mendatang di Taman Suropati, Jakarta.
The New9Wonderful of Indonesia merupakan ajang kompetisi yang akan melibatkan seluruh masyarakat dunia untuk memilih 9 dari 45 destinasi wisata unggulan, yang dianggap paling indah dan menarik untuk dikunjungi. Untuk kompetisi perdana, ajang ini akan berlangsung selama 5 tahun, dari 2015 hingga 2020. Setahun sekali, 9 peserta (tempat wisata) yang memperoleh suara terendah akan dieliminasi.
Ada pun peserta The New9Wonderful terdiri atas 45 destinasi alam unggulan dari 34 provinsi di Indonesia, yang telah diseleksi secara bersama oleh tim Forum Indonesiaku bersama pihak Dirjen Pengembangan Destinasi Wisata dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Destinasi tersebut akan dikompetisikan di ajang New9Wonderful of Indonesia pada pertengahan 2015 nanti.
Tak hanya sebagai peserta, ke-45 destinasi ini nantinya juga akan ditetapkan sebagai "motor" sekaligus "simbol" dari kawasan taman wisata dunia yang akan dipersiapkan Forum Indonesiaku sebagai peta posisi Indonesia di dunia, di masa depan.
Peluncuran The New9Wonderful di Galeri Indonesia Kaya merupakan langka awal untuk mengangkat beragam potensi wisata unggulan di Indonesia untuk membangun positioning Indonesia sebagai kawasan taman wisata dunia satu-satunya yang terlengkap di wilayah Asia Tenggara.
"Sebagai tepat wisata unggulan, tentunya ke-45 destinasi tadi akan berkompetisi di ajang New9Wonderful of Indonesia di tahun 2015 nanti. Kami yakin dan optimis, seluruh pemerintah daerah akan menyiapkan diri selama setahun ke depan guna menyosialisasikan daerahnya sebelum resmi dibuka oleh Presiden RI pada 2015 nanti," tutur Ketua Forum Indonesiaku Daniel Kumendong.
Hadirnya perwakilan pemerintah, baik dari kabupaten, provinsi, pemerintah pusat, maupun perwakilan NGO, saat peluncuran kampanye ini menunjukkan, konsep The New9Wonderful sangatlah dibutuhkan oleh para narasumber untuk mengangkat potensi wisata di daerah guna mengangkat citra Indonesia sebagai gudangnya pariwisata di dunia.
"Hasil pertemuan awal ini sekaligus mendorong pemerintah agar dapat menjadikan sektor pariwisata sebagai indusitri utama dalam membangun perekonomian Indonesia ke depan," imbuh Daniel.
Lebih jauh Daniel mengatakan, The New9Wonderful merupakan wujud semangat "The People Friendly" yang akan diusung tim The New9Wonderful sebagai semboyan untuk kawasan taman wisata dunia sebelum nama dari kawasan itu resmi di luncurkan pada 27 September mendatang di Jakarta. Momen ini sekaligus akan mengukuhkan Indonesia sebagai Negara Kelautan dengan potensi wisata alam, kuliner, budaya, dan peninggalan sejarah sebagai penggerak utama perekonomian Indonesia.
Intan Y. Septiani
KOMENTAR