Brand Director GoJek Kevin Aluwi menepis kekhawatiran terhadap dampak negatif layanan Go-Busway. Misalnya saja, halte-halte transjakarta justru menjadi pangkalan ojek baru bagi pengemudi GoJek.
"Mereka ini cuma drop doang. Kita tidak meminta mitra kita untuk mengetem di halte-halte. Justru karena aplikasi ini mereka tidak harus mengetem," ujar Kevin di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (28/10/2015).
Layanan Go-Busway merupakan layanan baru yang terintegrasi dalam aplikasi Go-Jek. Pengguna aplikasi bisa mencari informasi tentang estimasi waktu kedatangan bus transjakarta di setiap halte.
Masyarakat juga bisa langsung menggunakan Go-Ride sebagai feeder menuju halte yang dimaksud atau sebaliknya. Kevin mengatakan fenomena pangkalan biasanya akibat pengemudi ojek menunggu penumpang keluar halte.
Dengan aplikasi ini, mereka tidak perlu menunggu melainkan hanya menunggu order masuk saja. (Baca: Cari Informasi soal Transjakarta Pakai Aplikasi Go-Busway)
"Cuma sekarang dengan aplikasi, mereka datang pada saat dipanggil. Jadi sudah enggak perlu ngetem lagi," ujar Kevin.
Baca juga: Wow! Gojek Kini Siapkan Layanan Pijat dan Perawatan Kecantikan
Kevin menjelaskan keuntungan menggunakan Go-Busway. Dia mengatakan ada kekurangan yang dimiliki Go-Jek saat ini. Layanan promo Go-Jek terbatas untuk jarak 25 kilomter saja.
Jika ingin bepergian dalam jarak yang lebih dari itu, masyarakat bisa memanfaatkan Go-Busway sebagai feeder menuju halte transjakarta terdekat.
Untuk diketahui, layanan Go-Busway baru tersedia di delapan koridor yang terintegrasi dengan layanan Go-Busway.
Di antaranya koridor 1 (Blok M-Kota), koridor 2 (Pulogadung-Harmoni), koridor 6 (Dukuh Atas-Ragunan), koridor 8 (Lebak Bulus-Harmoni), koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit), koridor 10 (Tanjung Priok-Cililitan), koridor 11 (Pulogebang-Kampung Melayu), dan koridor 12 (Pluit-Tanjung Priok).
Jessi Carina / Kompas.com
KOMENTAR