NOVA.id – Memiliki rekan kerja atau karyawan yang tak menghargai kita, tentu butuh cara menangani yang tepat.
Namun sebelum itu, kita harus tahu apa penyebabnya.
Ada banyak hal yang menyebabkan karyawan tidak menghargai kita sebagai atasannya.
(Baca juga: Duh, Kulit Leher yang Kendur dan Keriput Bikin Tak Pede, Yuk Cegah dengan Lakukan Gaya Hidup Berikut Ini)
Baik itu karena masalah sifat alamiahnya yang bandel, atau bisa juga karena gaya kepemimpinan kita sebagai atasannya yang dirasa kurang oke.
Misalnya, bagi seorang atasan datang on time adalah hal yang penting.
Namun bagi karyawan belum tentu.
Bisa saja dia berpikir kalau yang lebih penting bukan masalah kedatangan, melainkan adalah proses menyelesaikan pekerjaan.
(Baca juga: Ketahuan Mencuri, Bocah Ini Dihukum dengan Cara yang Menyedihkan)
“Salah satu hal yang menyebabkan karyawan tidak menghargai kita adalah perbedaan akan nilai-nilai yang dianggap penting atau benar. Jadi jangan langsung memarahi atau memberikan sanksi. Melainkan bicarakan dengan hati agar dia tidak merasa tertekan,” ucap Hendrik Ronald, pakar Service Excellence dari Xcellence International.
Penyebab lain yang mungkin membuat karyawan semakin tidak respek kepada kita adalah karena kita sering membanding-bandingkannya dengan karyawan lain.
Hal ini tentu akan membuat karyawan makin terpojok dan makin tidak menghargi kita sebagai atasannya.
Penulis | : | Dionysia Mayang Rintani |
Editor | : | Dionysia Mayang Rintani |
KOMENTAR