NOVA.id – Memiliki rekan kerja atau karyawan yang tak menghargai kita, tentu butuh cara menangani yang tepat.
Namun sebelum itu, kita harus tahu apa penyebabnya.
Ada banyak hal yang menyebabkan karyawan tidak menghargai kita sebagai atasannya.
(Baca juga: Duh, Kulit Leher yang Kendur dan Keriput Bikin Tak Pede, Yuk Cegah dengan Lakukan Gaya Hidup Berikut Ini)
Baik itu karena masalah sifat alamiahnya yang bandel, atau bisa juga karena gaya kepemimpinan kita sebagai atasannya yang dirasa kurang oke.
Misalnya, bagi seorang atasan datang on time adalah hal yang penting.
Namun bagi karyawan belum tentu.
Bisa saja dia berpikir kalau yang lebih penting bukan masalah kedatangan, melainkan adalah proses menyelesaikan pekerjaan.
(Baca juga: Ketahuan Mencuri, Bocah Ini Dihukum dengan Cara yang Menyedihkan)
“Salah satu hal yang menyebabkan karyawan tidak menghargai kita adalah perbedaan akan nilai-nilai yang dianggap penting atau benar. Jadi jangan langsung memarahi atau memberikan sanksi. Melainkan bicarakan dengan hati agar dia tidak merasa tertekan,” ucap Hendrik Ronald, pakar Service Excellence dari Xcellence International.
Penyebab lain yang mungkin membuat karyawan semakin tidak respek kepada kita adalah karena kita sering membanding-bandingkannya dengan karyawan lain.
Hal ini tentu akan membuat karyawan makin terpojok dan makin tidak menghargi kita sebagai atasannya.
(Baca juga: Terungkap! Ternyata Hal Inilah yang Membuat Syahrini Sulit Mendapatkan Jodoh)
Kalau kasusnya seperti ini, sangat wajar jika dia tidak menghargai kita, karena nyatanya kita juga tidak menghargainya.
Karyawan kerja keras bukan untuk dibanding-bandingkan, loh.
Perlu diingat, setiap karyawan memiliki kemampuan yang berbeda-beda.
Nilailah karyawan dari segala sudut.
(Baca juga: Jalan-Jalan dengan Sang Anak, Katie Holmes Tampil Menawan, Gayanya Bisa Jadi Inspirasi nih!)
Jangan karena hanya sedikit kesalahan lalu membandingkan dengan karyawan lain.
Fokuslah pada hal yang lebih besar daripada hal yang kecil.
Kumpulkan informasi sebanyak mungkin untuk menganalisis masalah yang sebenarnya.
Berilah dia penjelasan detail sesuai dengan yang kita inginkan.
(Baca juga: Selalu Tampil Cantik, Ternyata Rahasia Perawatan Kulit dan Makeup Emma Watson Cukup Sederhana, Penasaran?)
Karena, “Pada dasarnya hubungan antara karyawan dan atasan akan jadi jauh lebih baik bila keduanya sudah sama-sama saling mengerti sudut pandang perusahaan. Mana yang benar dan baik, serta mana yang salah,” ucap Ronald.(*)
(Alvien Cahya)
Penulis | : | Dionysia Mayang Rintani |
Editor | : | Dionysia Mayang Rintani |
KOMENTAR