NOVA.id – Di era serba cepat ini tak jarang para karyawan 'stres' karena merasa dibombardir tumpukan pekerjaan.
Mereka lupa dengan diri sendiri dan terlalu larut dalam pekerjaan. Namun sebagai karyawan tentu kita tidak memiliki kebebasan untuk mengubah kebijakan dan jam kantor.
Menurut praktisi emotional healing Adjie Santosoputro, ada salah satu tips untuk menghidari kondisi tersebut tanpa mengganggu pekerjaan--belajar untuk berhenti sejenak.
Aktivitas ini merupakan satu dari tujuh langkah meditasi yang digagas oleh Adjie. Caranya mudah, setiap kali mau mengejarkan sesuatu, maka kita bisa meluangkan waktu untuk berhenti sejenak.
Baca juga: Stop 5 Kebiasaan Buruk Saat di Kantor Ini Supaya Nama Baik Terjaga
"Mungkin satu, dua atau tiga menit, enggak masalah, yang penting pause (berhenti), lalu lakuin lagi," kata Adjie.
Namun, kata lulusan psikologi UGM itu, berhenti sejenak bukan berarti tidak melakukan apa pun.
Meditasi ini menuntut kita untuk menyadari napas, pikiran dan apa pun yang terjadi dalam diri.
Jika tidak sempat dalam waktu satu hingga dua menit, maka bisa dengan cara bernafas tiga kali secara mendalam.
Baca juga: Ternyata Mood Bercinta Kita Paling Tinggi di Jam Ini, Coba yuk!
Menurut Adjie fungsi meditasi ini adalah agar kita lebih sadar di tengak kesibukan kerja, karena seringkali seseorang terjebak rutinitas serta seperti kehilangan arah saat bekerja.
Meditasi ini juga bisa mengendalikan emosi, serta membuat rileks dan menjalani hidup tidak dirundung oleh stres.
KOMENTAR