Sering Mengalami Tindihan Saat Tidur, Benarkah karena Mistis atau Ilmiah? Berikut Penjelasannya

By Widyastuti, Sabtu, 31 Agustus 2019 | 16:34 WIB
Ilustrasi sleep paralysis (Lutfi Fauziah)

NOVA.id - Saat tidur tiba-tiba tubuh tidak dapat bergerak dan mulut tak bisa mengeluarkan suara. Fenomena ini sering disebut tindihan.

Tak sedikit orang yang menganggap peristiwa ini terkait hal gaib atau mistis. Sebab terkadang tindihan disertai munculnya gambaran-gambaran yang menyeramkan.

Tapi ternyata tindihan dapat dijelaskan secara ilmiah. Kondisi ini disebut sleep paralysis atau kelumpuhan tidur.

Baca Juga: Jadi Tahun Terberat, SBY Ungkapkan Doa Penuh Haru Saat Antarkan Ibunda ke Liang Lahat: Semoga Dipertemukan dengan Ani Yudhoyono

Menurut WebMD saat mengalami tindihan, orang yang tidur merasa dirinya sudah dalam kondisi sadar dan matanya sudah terbuka.

Dalam waktu beberapa detik atau menit tubuh tidak bisa digerakkan dan tidak bisa bicara. Beberapa orang bahkan juga merasa sesak dan tersedak.

Kelumpuhan tidur bisa terjadi sekali atau dua kali dalam kurun waktu tertentu. Bahkan ada juga orang-orang yang mengalami hal ini beberapa kali dalam satu periode tidur. Kebanyakan terjadi pada wanita atau pria di usia 15-20 tahun.

Baca Juga: Bukan Hanya Desa Penari, Deretan Daerah di Indonesia Ini Terkenal dengan Mistisnya Bahkan Disebut Kampung Gaib