Tetra Pak InspirACTion, Perluas Pemilahan Kemasan Karton Bekas Minum

By Dionysia Mayang Rintani, Jumat, 13 Desember 2019 | 21:54 WIB
Tetra Pak InspirACTion, Perluas Pemilahan Kemasan Karton Bekas Minum (Tetra Pak)

 

NOVA.id – Jumat, (13/12) Tetra Pak® Indonesia berkolaborasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Pemerintah Kota Jakarta Timur, Balai Besar Pulp dan Kertas (BBPK), serta PT Sinar Sosro, PT Ultra Jaya, dan PT Indolakto, secara resmi mengumumkan keberhasilan program Tetra Pak InspirACTion.

Program ini berhasil mengumpulkan 1 juta kemasan karton bekas minum (used beverage carton/UBC) yang setara dengan 8 ton di sepuluh Sekolah Dasar (SD) dan sepuluh Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Jakarta.

Kemasan karton bekas minum yang telah terkumpul tersebut, kemudian dimanfaatkan menjadi bahan bangunan di 2 perpustakaan baca di Sekolah Kami Bintara Jaya dan Sekolah Alam Matoa Depok, 30 bangku taman, dan 5 shelter di kawasan Banjir Kanal Timur, DKI Jakarta.

Baca Juga: Persiapkan Anak Hadapi Masa Depan, Mari Kembangkan Karakter Resilient

Michael Wu, Managing Director Tetra Pak Malaysia, Singapore, Philippines, and Indonesia, menjelaskan, “kemasan karton menawarkan beragam manfaat dalam praktik ekonomi melingkar bagi masyarakat.”

Karakteristiknya diperoleh dari sumber daya alam terbarukan dan dikelola secara bertanggung jawab sampai pengumpulan terpilah paska konsumsinya.

Kemudian didaur ulang menjadi bahan baku kertas, papan partisi, dan atap gelombang.

Baca Juga: Guardian Umumkan 10 Produk Kecantikan dan Kesehatan Favorit Orang Indonesia Sepanjang 2019