Pasien Sembuh Corona di Indonesia Ungkap Penderitaan Selama Isolasi: Bernapas Pun Sudah Tidak Sampai

By Tentry Yudvi Dian Utami, Jumat, 3 April 2020 | 10:55 WIB
Pasien Corona di Indonesia Ungkap Penderitaan Selama Isolasi: Bernapas Pun Sudah Tidak Sampai (ABC)

NOVA.id - Informasi tentang wabah virus corona Covid-19 masih menakutkan bagi banyak pihak, apalagi jumlah korban terus bertambah.

Saat artikel ini ditulis (1/4), pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 menurut Covid19.go.id sudah 1.790 orang, dengan korban meninggal tercatat 170 orang.

Mengkhawatirkan? Tentu saja, apalagi vaksin yang bisa mengobati penyakit itu belum juga ditemukan.

Tak heran banyak orang begitu takut dan putus asa, karena seolah siapa pun yang kena virus ini, bakal dihadang kematian. Padahal, penderita bisa sembuh. Seiring dengan bertambahnya jumlah korban, bertambah pula jumlah pasien yang sembuh.

Data terakhir sudah 112 orang dinyatakan sembuh, salah satunya Christina Agustina dari Surabaya, Jawa Timur.

Baca Juga: Hati-Hati, Aplikasi Video Conference Ini Rawan Pencurian Data!

Kepada Kompas TV, Christina mengaku sangat bersyukur bisa sembuh dari penyakit yang menghebohkan ini. “Menurut saya, selama perawatan di rumah sakit, rasanya sakit. Penyakit ini bisa merusak fisik, sekaligus mental. Saya enggak mau orang lain juga merasakan seperti saya,” ungkap Christina.

Sambil berkaca-kaca, Christina mengisahkan perjuangannya yang cukup berat selama diisolasi di RSUD dr. Soetomo Surabaya, Jawa Timur. Dia begitu merasakan bahwa agar bisa sembuh tak cuma harus mengikuti aturan medis, tapi juga punya pemikiran dan sikap positif.

Kata Christina, “Harus punya rasa optimis di dalam diri. Dan meminta perlindungan Tuhan. Selain itu juga harus kerja sama dengan tim medis untuk bisa sembuh.”

Baca Juga: Dokter Spesialis Paru Ini Sebut Seluruh Warga Indonesia ODP, Minta Semua untuk Tetap di Rumah dan Hindari Rumah Sakit