NOVA.id - Memiliki bisnis online saat ini rasanya harus dilakukan.
Bukan tanpa sebab, pasalnya sudahlah mudah dan bisa juga tanpa modal.
Dalam bisnis ini kalau mau sukses, kuncinya adalah cerdik lakukan strategi pemasaran.
Coba mulai manfaatkan penggunaan media sosial Sahabat NOVA untuk promosi dan menciptakan jaringan pelanggan setia.
Maka itu, untuk membantu membuka peluang yang belum dimanfaatkan di media sosial, Zilingo Trade melalui layanan B2Bnya, Zilingo Marketing Services menawarkan solusi pemasaran terintegrasi yang mencakup aktivitas pemasaran dan branding di dunia digital, termasuk melalui media sosial.
Nah, ada lima tips dari Putri Nindya, Social Media Strategist Zilingo untuk mengetahui cara meningkatkan branding bisnis Sahabat NOVA melalui media sosial.
Apa saja?
Baca Juga: 4 Bisnis yang Laris di Tengah Pandemi Corona, Salah Satunya Masker
1. Bangun rencana pemasaran berbasis konten berdasarkan pelanggan.
Bagian terpenting dari proses branding melalui media sosial adalah mengetahui dan memahami target pasar kita lebih dari sebelumnya.
Mulailah dengan mendefinisikan pelanggan ideal kita berdasarkan usia pelanggan, lokasi, jenis kelamin, minat, kebutuhan, perilaku pembelian saat ini, serta tantangan atau hambatan yang ada.
Pantau juga diskusi yang terjadi di media sosial untuk mengetahui topik yang menarik minat konsumen, platform pilihan, dan bentuk konten yang mereka sukai.
Baca Juga: Perempuan Bisa Sukses Atur Bisnis dan Raup Penghasilan, Asalkan Kuasai Ini
2. Ketahui apa yang harus dibagikan pada masing-masing platform.
Sangat penting untuk memahami inti dari pesan yang ingin kita sampaikan, dan melakukan pendekatan yang sensitif dan bertanggung jawab.
Aktif di semua platform media sosial terdengar menarik, namun setiap kanal menyajikan fitur dan karakter pengguna yang unik.
Perhatikan profil pelanggan dan gaya komunikasi masing-masing platform media sosial sebelum menentukan pilihan kita.
Baca Juga: Di Masa Pandemi, Ayo Belajar Digital Marketing Agar Sukses Berwirausaha
Sebagai contoh, Facebook sangat cocok untuk berbagi konten yang terkait dengan berita atau video hiburan.
Sedangkan Instagram berfungsi sangat baik untuk materi visual berkualitas baik (termasuk video) layaknya foto produk kita.
Untuk bisnis konten seputar B2B, gunakan platform professional seperti LinkedIn, ya.
Baca Juga: Pintar Atur Uang ala Anisa Fanisachic, Blusukan dan Jeli Lihat Peluang Demi Bisnis
3. Jaga konsistensi.
Setiap kanal media sosial memiliki ciri khas tersendiri, khususnya waktu puncak (peak time) yang berbeda-beda, yang dapat Anda jadikan sebagai acuan sebelum mengunggah konten.
Sesuaikan jadwal konten kita untuk setiap kanal media sosial dengan peak time yang ada sehingga kegiatan unggah tidak terasa berlebihan.
Kita juga dapat menggunakan alat manajemen media sosial seperti Echofon, Hootsuite, Keyhole, dan Tweetdeck untuk menyederhanakan pekerjaan dalam menyiapkan konten dan mengelola media sosial secara keseluruhan.
Baca Juga: Pembeli Jamu Meningkat Akibat Wabah Virus Corona, Pengusaha Jamu Ini Justru Sedih
4. Perhatikan konten yang mendapat respons terbesar.
Kita mungkin belum menyadarinya, tetapi pos yang mendapatkan tanggapan baik dapat menunjukkan jenis konten yang pelanggan sukai.
Perhatikan kualitas pesan yang ingin disampaikan berikut faktor lain seperti warna, jenis gambar, keterangan, jenis barang atau layanan yang ditawarkan.
Konsistensi yang jelas dalam kegiatan branding dan pengembangan konten juga tidak hanya membantu bisnis untuk menonjol di antara para pesaing, namun juga lebih mudah diakses oleh target pelanggan kita.
Baca Juga: Rugi Ratusan Juta, Kiki dan Eras Ghaisani Tak Kapok Jalani Bisnis Online
5. Bentuk grup atau komunitas
Metode ini digunakan untuk menggaet calon konsumen yang benar-benar tertarik dengan merek atau produk kita.
Dalam grup atau komunitas ini, kita tidak lagi menampilkan produk namun berbagi informasi atau cerita yang berkaitan dengan produk atau brand kit untuk mendapatkan tanggapan pelanggan.
Hal ini dapat memberikan anggota komunitas rasa nyaman, membangkitkan loyalitas mereka terhadap brand kita sekaligus memposisikan bisnis kita lebih baik di mata pelanggan.(*)
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)